Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa Agar Lekas Hamil

Bismillahirohmanirohim alhamdulillahirobbilalamin wassalatu wassalamu ala mana ada sih Wa ashabihi ajma’in. Alhamdulillah, puji dan syukur kepada Allah yang telah mentakdirkan kita untuk lahir ke dunia ini dimana dengan diterbitkannya kita di dunia ini menjadikan kita memiliki kesempatan untuk menyembah dirinya saja dengan sepenuh keikhlasan dan kemurnian. Dan kita doakan kepada saudara sesama umat manusia lainnya yang belum mendapat Hidayah Islam agar mendapatkannya.

Di antara salah satu kebahagiaan seorang muslim adalah Dia memiliki pasangan yang sholeh atau sholehah, yang hal tersebut merupakan sebuah keindahan dan kebahagiaan besar di dunia sebelum kebahagiaan dan keuntungan yang besar di akhirat kelak. Dan di antara kebahagiaan bagi seorang yang telah menikah adalah Jika dia memiliki anak keturunan yang sholeh dan sholehah pula, dan itu adalah harapan yang umum dari setiap orang yang telah menikah. Yang jadi masalah, tidak setiap yang telah menikah lalu bisa langsung mendapatkan keturunan. Bagaimana solusi Islam dalam menghadapi hal tersebut?

Solusi Islam dalam menghadapi masalah belum dapat keturunan melalui doa dan ada melalui beberapa amalan lain yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Dan kesemuanya dicontohkan di dalam al-quran, bahkan dicontohkan oleh para Nabi sebelum kita dan orang-orang Saleh sebelum kita, kita tinggal mengikutinya saja. Adapun yang pertama, doa agar mendapat keturunan yang sholeh dan sholehah, dicontohkan di dalam al-quran sebagaimana berikut.

Do’a Nabi Ibrahim Agar Mendapat Keturunan

Panutan kita, Ayah para nabi dan rasul, Ibrahim Alaihissalam, adalah seorang Allah uji dengan lamanya beliau mendapatkan keturunan yang karena lamanya tersebut membuat beliau dan istrinya Sarah menjadi sedih. Akan tetapi sedihnya nabi Ibrahim tidak membuat beliau putus asa, tetap berusaha dan memperbanyak doa agar mendapat keturunan sebagaimana dikisahkan dalam Alquran, Nabi Ibrahim berdoa dengan doa yang indah:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

RABBI HABLII MINASH SHOOLIHIIN

Artinya :

Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (QS: As-Shaffat: 100)

Perhatikanlah doa yang indah ini, kita bisa melihat di sini bahwa Nabi Ibrahim tidak putus asa walaupun lama belum dikaruniai anak, bahkan beliau terus memohon kepada Allah dan berdoa. Doa beliau di atas menunjukkan bahwa seorang yang bertauhid dan hanya memohon kepada Tuhannya dan tidak bohong kepada selainnya. Karena dia berkata Ya Tuhanku, menunjukkan bahwa beliau mengetahui hanya Allah yang bisa perkara beliau dan Allah saja yang bisa memberikan rezeki. Berikutnya beliau memohon kepada Allah agar diberikan seorang anak yang termasuk dari golongan orang-orang yang Shalih, dan penekanan ini penting sekali sebab jika tidak bisa jadi anak yang kita dapatkan tidak sholeh dan justru menjadi sumber kesedihan dan kesengsaraan kita di dunia sebelum di akhirat.

Maka jika anda sudah lama belum mendapatkan keturunan seperti Nabi Ibrahim mengalaminya, mengikuti pula contoh Nabi Ibrahim untuk tidak berputus asa dan terus memohon kepada Allah ta’ala dengan doa demi doa, terus berdoa, tanpa pernah merasakan Hilang Harapan.

Doa Nabi Zakaria Agar Diberi Keturunan

Diantara nabi lainnya yang juga Allah uji dengan sulitnya mendapatkan keturunan adalah Nabi Zakaria Alaihissalam. Beliau pun lama tidak mendapatkan keturunan Walau telah berulangkali memohon kepada Allah dan tentunya yang berulang kali berusaha mendapatkan keturunan bersama istrinya.

Namun demikian tersebut tidak membuat beliau Alaihissalam berputus asa, sebagaimana Nabi Ibrahim pun tidak berputus asa saat mendapat masalah yang serupa dengan Nabi Zakaria. Bahkan Nabi Zakaria terus meningkatkan tawakkalnya kepada Allah, menyadari bahwa dirinya manusia yang tidak bisa menentukan takdir, dan terus berdoa agar diberikan keturunan yang sholeh dimana diceritakan dalam al-quran Dimana Nabi Zakaria berdoa dengan doa yang indah:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا 

Artinya :

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74).

Kita perhatikan di sini sama dengan Apa yang diucapkan oleh Nabi Ibrahim, Nabi Zakaria pun memohon agar pasangan hidup dan penerus keturunan yang menyenangkan hati. Tentunya menyenangkan hati di sini sudah mencakup berbagai hal kebaikan dunia dan akhirat, seperti agar dijadikan keluarganya sholeh dan sholehah, sejahtera, sehat, dan seterusnya yang membuat hati menjadi senang. Dan beliau pun memohonkan kepada Allah agar pasangan dan keturunannya serta dirinya menjadi imam bagi orang-orang yang bertakwa, panutan dalam beramal sholeh.

Dan tidak hanya itu ada juga doa lain dari Nabi Zakaria, sebagaimana dijelaskan di surat al-anbiya, beliau berdoa:

رَبِّ لاَتَذَرْنِىْ فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُالْوَارِثِيْنَ 

Artinya :

Wahai Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku seorang diri (dengan tidak meninggalkan zuriat) dan Engkaulah jua sebaik-baik yang mewarisi (QS: Al-Anbiya : 89)

Wahai Tuhanku, ini sama dengan doa Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria Di mana mereka semua memohon kepada Allah dan tidak kepada selainnya. Lalu Beliau katakan bahwa beliau khawatir hidup seorang diri dengan tidak meninggalkan keturunan, yang kalimat ini merupakan kalimat harapan agar Allah memberikan keturunan agar beliau tidak hidup tanpa memiliki penerus. Dan selanjutnya Nabi Zakaria mengatakan bahwa Allah lah sebaik-baik yang mewarisi, yang ini merupakan salah satu adab berdoa dimana kita memuji Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan nama atau sifatnya yang sesuai dengan apa apa yang kita mohonkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Demikian diantara doa-doa yang bisa anda hafalkan dan amalkan dalam rangka meraih keturunan, sebagaimana diriwayatkan di dalam al-quran. Semoga dapat membantu anda dalam menghafal, dalam berdoa, serta dalam meraih apa apa yang Anda cita-citakan yakni keturunan yang soleh dan solehah. Wallahualam.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Download Mp3 Doa Agar Cepat Hamil Download Doa Meminta Keturunan Download Amalan /doa Agar Cepat Hamil Download Lagu Kemudahan Keturunan Doa Cepat Hamil Mp3