Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa Agar Dapat Kemudahan Dalam Tiap Urusan

Tidak ada seorangpun diantara kita yang ingin untuk hidup dalam kesulitan, dalam kesusahan. Tentunya setiap dari kita menginginkan untuk mengalami hidup yang mudah, ringan, santai dan penuh berkah. Namun sudah sunnatullah bahwa kehidupan di dunia bukanlah kehidupan yang serba mudah. Akan ada banyak sekali urusan menghadang, masalah yang menerpa, problem yang menghampiri, dan berbagai hal lainnya berbagai macam jenis kesulitan dan ujian hidup. Semuanya itu adalah ujian bagi kita Apakah kita bisa tetap bersabar dan bersyukur dalam menjalaninya, dan apakah kita akan kembali kepada Allah atau justru menjauh dari ajaran Allah dan rasul-Nya saat segala jenis ujian menimpa kita.

Akan tetapi Alhamdulillah, walaupun secara alami manusia pasti mengalami kesulitan, dan secara pasti manusia akan Allah uji, akan tetapi Islam tidak melarang manusia untuk berusaha mempermudah, hidup baik dengan menciptakan berbagai alat dan teknologi yang membantu kehidupan ataupun berdoa kepada Allah meminta agar urusannya di dunia dipermudah. Bahkan di dalam agama Islam diajarkan doa yang berisikan permohonan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar dirinya berkenan meringankan hidup kita, kesulitan kita, dan segala ujian yang sedang Allah ujikan kepada kita. Di antara doa yang bisa kita amalkan untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan yakni:

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa” [artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah].

Referensi: rumaysho, islamweb

Dari Anas bin Malik, hadis di atas diriwayatkan oleh salah seorang sahabat yang mulia Anas bin Malik, yang merupakan salah satu asisten Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga merupakan seorang Rawi yang meriwayatkan banyak sekali Hadits. Beliau menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah berdoa sebagaimana doa diatas.

Kita lihat dari atas Betapa indahnya doa tersebut. Pada bagian awal doa menyatakan Allahumma atau artinya adalah ya Allah. Kalimat singkat ini merupakan bukti bahwa kita Berserah diri kepada Allah, bertawakal kepada-Nya dan hanya berharap kepada-Nya. Ini adalah bukti tauhid kita, sebagaimana kita ucapkan minimal 17 kali dalam sehari dalam surat al-fatihah bahwa hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepadaNya kita Berdoa memohon pertolongan.

Berikutnya kita menyadari dan menyatakan bahwa segala kesulitan yang kita hadapi sejatinya hanyalah sulit bagi kita Jika Allah menjadikannya sulit bagi kita. Dan sebaliknya jika ada kemudahan yang kita rasakan maka sejatinya itu adalah kemudahan dari Allah subhanahu wa ta’ala, yang karenanya Apakah kita memohon dengan memuji Allah bahwa tidak ada kemudahan kecuali dari-Nya semata. Lalu kita lanjutkan dengan kalimat doa bahwa menjadikan kesulitan kata kesedihan menjadi mudah Jika Allah kehendaki. Kalimat ini tidak terlihat seperti sebuah kalimat doa atau permintaan, akan tetapi pada intinya dia adalah kalimat permintaan, yakni kita memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dengan cara kita memujinya bahwa kemudahan hanyalah darinya dan kita berdoa hanya kepadanya.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa