Do’a Orang Tua Untuk Anak Cucu: Arab, Latin, Terjemah

Doa Ayah Pada Anak Nya .latin Indoneaia Doa Untuk Anak Dan Cucu Ayat Alquran Untuk Anak Cucu Doa Anak Cucu Doa Ditambah Anak

Orangtua dan kakek-nenek adalah orang yang sangat menyayangi anak dan cucu mereka. Mulai dari awal kehamilan, kelahiran, usia balita, anak-anak, remaja hingga dewasa selalu saja bertaburan do’a untuk anak dan cucu mereka. Belum lagi ditambah dengan perjuangan dan kerja keras mereka dalam menghidupi keturunannya, keringat dan tetesan darah serta air mata mereka, begitu besar pengorbanan mereka. Karenanya, sudah sepantasnya kita berbakti pada mereka.

Dan suatu saat tibalah waktunya kita yang menjadi orang tua / ayah dan ibu, tiba waktunya kita menjadi kakek-nenek, … Ternyata perjuangan mendidik generasi penerus itu sangat berat, karenanya sudah sewajarnya kita berdo’a pada Allah agar anak dan cucu kita selalu terlindungi dan menjadi anak-cucu yang shalih serta shalihah. Nah, jika Anda membutuhkan do’a yang bisa dipanjatkan untuk anak dan cucu, berikut ada beberapa contohnya yang singkat dan bermanfaat, yang bisa Anda hafalkan dan bacakan:

Do’a Untuk Anak Cucu dari al-Qur’an

Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam berdo’a agar Allah karuniakan anak yang shalih,

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“ROBBII HABLII MINASH-SHALIHIIN”

Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh” (QS. Ash Shaffaat: 100)

Do’a Nabi Zakariyya, agar diberikan anak yang baik,

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

RABBII HAB LII MIN LADUKNA DZURRIYATAN THOYIBATAN, INNAKA SAMII’UD DU’AA

Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa (QS. Ali Imron: 38)

Lalu, ada juga do’a agar diberikan kemampuan untuk mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita,

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Robbi awzi’nii an asy-kuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala shoolihan tardhooh, wa ash-lihlii fii dzurriyatii, inni tubtu ilaika wa inni minal muslimiin”

RABII AUZI’NII AN ASYKURA NI’MATAKALLATII AN’AMTA ‘ALAYYA WA ‘ALAA WALIDAYYA WA AN A’MALA SHAALIAN TARDHAAH, WA ASHLIHLII FII DZURRIYYATII, INNII TUBTU ILAIKA WA INNII MINAL MUSLIMIIN

Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri (QS. Al Ahqof: 15)

Ada juga do’a agar Allah menjadikan anak cucu keturunan kita menjadi generasi yang shalih dan menjadi penyejuk mata bagi kita:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

RABBANAA HAB LANAA MIN AZWAJINAA WA DZURRIYYATINAA QURRATA A’YUN, WAJ’ALNAA LIL MUTTAQIINAA IMAAMAA

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa (QS. Al Furqon: 74)

Ada juga do’a istrin Nabi ‘Imran agar Maryam terlindung dari keburukan,

أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

U’IDZHUHAA BIKA WA DZURRIYYATAHAA MINASY SYAITHAANIRRAJIIM

Aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk” (QS. Ali Imran: 35 – 36)

Do’a Untuk Anak Cucu dari Hadits

Ada juga do’a Nabi untuk Anas bin Malik, anak dari Ummu Sulaim, beliau mendo’akan keberkahan untuk Anas bin Malik,

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.”

Sumber: rumaysho, HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480

Nah dari text do’a di atas, kita bisa ganti text do’anya menjadi bentuk kata ganti orang pertama, sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

ALLAHUMMA AKTSIR MAALII WA WALADII, WA BAARIK LII FII MAA A’THAITANII

Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri

Do’a Nabi untuk Hasan dan Husain,

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة

U’IDZUKUMAA BI KALIMAATILLAAHIT-TAAMMAATI MIN KULLI SYAITHAANIN WA HAAMMAATIN WA MIN KULLI ‘AININ LAAMMAT

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit.”

Sumber: muslimah, HR. Bukhari 3371 & Abu Daud 4737

Penjelasan Do’a Orang Tua Untuk Anak Cucu

Demikian di atas beberapa do’a untuk anak dan cucu yang bisa kami kumpulkan. InsyaaAllah semuanya berasal dari ayat al-Qur’an dan hadits yang shahih, sehingga menambah kemantapan hati kita dalam berdo’a, dalam mengamalkannya. Untuk hasil terbaik, iringilah setiap usaha kita dalam mendidik generasi penerus dengan usaha yang maksimal, dengan ikhtiar semaksimal mungkin.

Selain itu, agar do’a kita menjadi terkabul jangan lupa untuk menghindari segala penghalang terkabulnya do’a seperti meninggalkan makanan dan minuman yg haram. Lakukan juga adab-adab berdo’a yang benar, pilih waktu dan tempat berdo’a yang mustajab dan lain sebagainya. Semoga Allah mudahkan kita untuk mendidik anak dan cucu menjadi generasi yang shalih dan shalihah, allahumma aamiin.

Doa Kebaikan Untu Anak Cucu Doa Untuk Orang Tua Shahih Latin Doa Buat Cucu Tersayang Doa Orang Tua Tuk Anakny..pdf Doa Memintakan Derajat Untuk Anak Cucu Bahasa Indonesia