Doa Minum Obat Agar Lekas Sembuh

Sakit tentunya bukan suatu hal yang menyenangkan dan tidak ada orang yang ingin merasakan sakit. Pada umumnya manusia memang tidak akan ada yang ingin jatuh sakit karena memang rasanya tidak enak dan efeknya pun tidak menyenangkan.  Selain itu banyak kerjaan pun menjadi terhambat, kegiatan pun menjadi tertunda dikarenakan terserang sakit. Belum lagi kesulitan dalam mengidentifikasi penyakit dan mencari obat apa yang harus diminum atau dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit yang diderita.

Pada artikel sebelumnya telah kami jelaskan tentang berbagai jenis doa yang bisa kita amalkan di berbagai keadaan.  Nah, pada kali ini ada satu lagi doa yang ingin kamu chat kepada para pembaca sekalian yaitu doa memohon kesembuhan yang bisa dibaca saat anda sedang sakit atau kapanpun saat Anda teringat misalkan saat terasa sakit menyerang atau saat akan minum obat lalu teringat belum baca doa, maka Anda bisa baca doa meminta kesembuhan.

Bacaan Do’a Minum Obat Bahasa Arab dan Terjemahnya

Di masyarakat beredar teks  doa yang dibaca sebelum minum obat sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

BISMILLAAHISY SYAAFII BISMILLAHIL KAAFII BISMILLAAHIL MU’AAFII BISMILLAAHIL LADZII LAA YADLURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDLI WALAA FIS SAMAA-I WA HUWAS SAMII’UL ‘ALIIMU

Artinya :

Dengan nama Allah Tuhan yang menyembhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik dibumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Jika kita lihat secara makna memang artinya bagus ya, akan tetapi jika diteliti lebih dalam kita akan kesulitan menemukan dari mana sumber doa diatas.  secara umum lafaz doa memang bebas akan tetapi akan lebih bagus jika kita memakai lafaz doa yang ada sumbernya dari hadis yang sahih atau Alquran.

Nah jika ingin membaca doa yang bisa dibaca ketika kita sakit ada salah satu doa yang dicontohkan Rasul Shallallahu alaihi wasallam dan tercantum dalam hadits shohih riwayat Bukhari dan Muslim yaitu jika beliau sakit, maka  beliau mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanannya lalu Beliau berdoa sebagai berikut:

Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“ Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”  (HR Bukhari 535 dan Muslim 2191).

Referensi: Muslim

Menurut kami doa yang terakhir ini lebih afdol atau lebih baik dibaca ketimbang doa yang sebelumnya Mengapa karena doa ini doa yang diajarkan langsung dan dicontohkan oleh Nabi Shallallahu alaihi wasallam dan diriwayatkan dalam Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim yang menandakan bahwa hadis ini atau doa ini adalah doa yang shahih dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, sehingga sangat layak jika kita contoh dan kita ikuti.

Apapun itu kami harapkan agar para pembaca selalu menjaga kesehatan mereka sebab kesehatan sangatlah berharga. Dengan badan yang sehat kita tidak perlu meminum obat,  tidak bingung memilih dokter dan obat yang cocok. Tidak perlu pusing keluar uang untuk membayar obat, dan seterusnya. Jaga selalu kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat serta bergaya hidup aktif.