Doa Agar Hati Tenang dan Tentram

Doa Rasul Agar Hidup Tentram Doa Untuk Tentram Hati Download Doa Ketenangan Download Surat Bikin Hati Tenang

Bismillahirohmanirohim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah sekarang kita bertemu kembali dan kali ini Insya Allah kami akan membahas satu hal yang sangat penting yaitu tentang doa agar kita bisa mendapatkan hati yang tenang, tentram, dan merasa bahagia.

Sebagai seorang manusia tentu kita menginginkan untuk memiliki hidup yang nyaman, aman, tentram, bahagia, Sehat, Sejahtera, dan segala macam lainnya dari berbagai kenikmatan dan kenyamanan hidup di dunia. Ingin mendapatkan segala macam hal tersebut umumnya dikarenakan Kita memandang bahwa jika kita mendapatkan hal-hal tersebut maka kita akan menjadi tenang dan bahagia. Hal itu memang tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar juga karena sebenarnya dalam hidup ini ada banyak sekali faktor yang membuat hati menjadi tenang dan tentram, kadang ada orang yang kaya raya tapi tidak bahagia dan tidak tenang hidupnya, sebaliknya ada orang yang miskin tapi senang tenang dan bahagia. Ada juga orang yang terlihat lesu dan seperti kekurangan ternyata sebenarnya memiliki kelebihan dalam berbagai hal, Hanya saja karena dirinya tidak merasa tenang dan tentram maka tubuhnya terlihat seperti itu.

Nah, bisa Jadi sebenarnya Bagaimana perasaan tidak tenang dan tidak tentram tersebut bukan karena kita tidak memiliki sesuatu atau kehilangan sesuatu dari perkara duniawi, akan tetapi Memang karena hati kita tidak dekat kepada Allah zat yang memberi kepada kita, salah satunya yakni memberi ketenangan. Kita sering terluput untuk mengejar ketenangan dengan memohon kepada Allah, padahal hanya allah-lah yang bisa memberikan kita ketenangan sejati. Karenanya setelah malah kita kumpulkan semua perbendaharaan dunia yang kita anggap dapat membuat hati tenang dan tentram, kita masih tidak mendapatkan ketenangan tersebut karena kita tidak pernah meminta kepada Allah ta’ala, kita tidak pernah berdoa memohon ketenangan itu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena Allah tidak pernah memberikan ketenangan tersebut kepada kita. Karenanya wahai para pembaca yang budiman, mohonlah, berdoalah kepada Allah ada ketenangan dan ketentraman agar diri Anda meraih keduanya.

Doa memohon ketenangan dan ketentraman

nah sekarang yang menjadi pertanyaan tentunya adalah Bagaimana cara doa yang baik dan benar mohon ketenangan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala? Apakah ada doa tertentu yang dapat kita kan kepada Allah demi meminta ketenangan? Jawabannya adalah ada. Di antaranya adalah apa yang diriwayatkan oleh al-bukhari di dalam shahihnya, bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah berdoa:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allaahumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wal ‘ajli wal kasal, wal bukhli wal jubni wa dhola’iddaini wa gholabatir rijaal

“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.” [HR. Al-Bukhari 7/158. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam senantiasa membaca doa ini, lihat kitab Fathul Baari 11/173.]

Referensi: sunnah, abu ayaz

Penjelasan Makna dan Kandungan Doa

Perhatikan doa yang sangat indah ini. Dalam doa yang ringkas dan padat ini Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mohon beberapa hal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang beberapa hal tersebut termasuk diantara kunci kunci kebahagiaan, ketenangan dan ketentraman kehidupan.

Dalam Doa ini Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Memulai permohonannya Dengan mengucapkan ya Allah, yang menandakan bahwa yang beliau minta pertolongan hanyalah Allah Semata dan bukan kepada lainnya, baik itu patung, orang, benda mati, kuburan dan lain sebagainya. Dan ini adalah esensi tauhid yaitu hanya memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selanjutnya kita perhatikan kalimat setelahnya, disini terdapat doa yang indah bermanfaat untuk kita ucapkan. Doa tersebut yakni berisikan permohonan kepada Allah agar nanti kita dihindarkan dari hal-hal yang menyedihkan dan menyusahkan, di mana kedua hal tersebut adalah salah satu hal yang membuat hidup kita menjadi tidak bahagia dan tidak tenang. Selanjutnya juga kita bisa lihat bahwa dalam doa ini nabi agar Allah hindarkan dari sifat lemah dan sifat malas. Sifat lemah, merasa lemah dan merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu adalah musuh utama yang menghambat kemajuan diri kita. Demikian pula dengan perasaan malas, ini adalah salah satu penghambat kemajuan hidup kita dan salah satu penyebab rasa hati kita menjadi tidak bahagia, karena hidup kita tidak berkembang tekan kemalasan tersebut.

Lalu kita lihat juga dalam doa ini Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berlindung kepada Allah dari perasaan bakhil atau kikir, yang merupakan lawan dari murah hati atau dermawan. Orang yang murah hati atau dermawan hatinya lapang dan senang, maka sebaliknya tentu hati orang yang bakhil atau kikir terasa sempit dan menyedihkan. Rasa penakut yang disebutkan pada kalimat yang sama, Tentu juga merupakan salah satu Muhammad kebahagiaan, dan kita tahu saat hati kita sedang takut Bagaimana rasanya, maka agar hati kita tenang dan tentram kita pun berlindung dari perasaan penakut ini.

Adapun yang berikutnya dan yang terakhir, nabi berlindung dari lilitan hutang dan dari penindasan oleh orang lain terhadap dirinya, Dan kita pun memohon kepada Allah hal yang sama ucapkan doa tersebut di atas. Mengapa perlu untuk berlindung dari kedua hal tersebut? Ya karena tentu jelas bahwa orang yang terlilit hutang makan dirinya merasa tidak nyaman dan tidak tentram, karena dia takut bertemu dengan orang yang memberinya hutang, takut ditagih ke rumah, takut ketahuan oleh sanak dan kerabat bahwa dia adalah seseorang yang memiliki hutang karena umumnya orang menganggap memiliki hutang adalah sebuah hal yang memalukan. Dan berikutnya permohonan agar terlindung dari penindasan yang dilakukan oleh orang lain kepada kita tentunya dikarenakan jika kita ditindas oleh orang lain maka kita merasa tertekan, stres, sedih, dan berbagai hal lainnya yang justru bertolak dengan tenang dan tentram yang kita harapkan muncul di dalam hati kita.

Nah karenanya jika anda sedang sedih, gundah Gulana, merasa hati sempit dan tidak tentram, jauh dari perasaan bahagia, bacalah doa di atas sekarang juga. Mohonlah kepada Allah sekarang juga agar dia melepaskan anda dari belenggu rasa sedih, rasa pesimis dalam menghadapi hidup, rasa tidak tenang dan tidak tentram, yang selama ini terus menghantui anda. Mudah-mudahan Allah segera lapangkan hati anda, dan Allah segera tentramkan kehidupan anda. Allahumma Amin.