Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa Memohon Terhindar dari Kecelakaan

Kita tentunya tidak akan pernah mau untuk celaka baik di perjalanan di rumah atau di mana pun. Akan tetapi yang jadi masalah Kecelakaan terjadi walaupun kita tidak menginginkannya. Bisa jadi mungkin kita sudah berjalan perlahan, berdoa, hati-hati, sudah bukan segala standar keselamatan yang bisa kita lakukan, akan tetapi bisa jadi ada orang lain yang justru tidak hati-hati dan menabrak kita. Bisa jadi juga kita merasa semua persiapan keselamatan sudah dijalankan, tetapi kita menjadi lengah dalam sekejap dan Terjadilah apa yang tidak kita inginkan yaitu kecelakaan di dalam perjalanan.

Jika memang telah ditakdirkan bahwa kita akan mengalami kecelakaan, maka tentu kita akan celaka walau bagaimanapun Kapan kita dan walau bagaimanapun kehati-hatian kita. Akan tetapi seorang muslim itu Islam mengajarkan kita, bahkan kita diajarkan sebaliknya walau takdir Allah pasti akan terjadi kita dituntunkan untuk persiapan agar tidak terkena musibah kecelakaan, yaitu dengan berhati-hati, menyiapkan kendaraan sebaik mungkin, dan tidak lupa untuk berdoa sebelum perjalanan.

Untuk masalah berhati-hati tentunya sudah jelas, untuk masalah pengamanan juga tentu sudah diajarkan saat kita mengambil SIM ( Surat Izin Mengemudi ) , akan tetapi untuk masalah doa bagaimana? Apakah memang ada doa yang bisa kita baca agar selamat di perjalanan dan terhindar dari kecelakaan? Jawabannya, ada. Bagaimana doanya? Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN JAHDIL BALAA-I WA DARKISY SYAQOO-I WA SUU-IL QUDLOO-I WA SYAMAATATIL A’DAA-I

Ya Allâh, kami berlindung kepada-Mu dari beratnya musibah yang tak mampu ditanggung, dari datangnya sebab-sebab kebinasaan, dari buruknya akibat apa yang telah ditakdirkan, dan gembiranya musuh atas penderitaan yang menimpa.  [Muttafaq ‘alaih]

[HR. Al-Bukhâri, kitab ad-Da’âwât bab at-Ta’awwudz min jahdil balâ’ 6/75, Dar Thauqin Najât dan Muslim, kitab adz-dzikr wa ad-du’â wa at-taubah wa al-istighfâr bab at-ta’awwudz min sû’il qadhâ’, no 2707 hlm. 1452 Darul Mughni KSA cet. 1 th. 1419 H/1998].

Referensi: lihat artikel 127013

Doa inilah doa yang baik yang bisa kita amalkan agar tidak tertimpa musibah yang tidak dapat kita tanggung dan juga agar kita terhindar dari berbagai sebab kebinasaan. Kita juga berlindung kepada Allah dengan doa ini agar tidak tertimpa hal yang buruk yang telah Allah takdirkan kepada kita dan mengganti takdir yang buruk tersebut dengan takdir yang baik, karena seperti kita tahu bahwa bisa dirubah dengan doa. Maka hendaknya kita ingin terhindar dari malapetaka, bala, musibah, kecelakaan dan lain sebagainya maka hendaknya kita membaca doa ini sering-sering.

Dan ada juga doa lainnya yang bisa kita baca saat keluar rumah yang insya Allah bisa membantu kita agar selamat dan terhindar dari musibah di dalam perjalanan. Doa tersebut sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’

Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya,

’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan al-Albani)

Referensi: konsultasisyariah

Ya, ini adalah salah satu doa lainnya yang bisa kita baca saat kita akan pergi keluar rumah, agar terhindar dari kecelakaan. Kita perhatikan dalam doa diatas jaminan bahwa orang yang membacanya akan diberi petunjuk, dicukupi, juga dilindungi. Kita harapkan perlindungan yang kita dapatkan dengan membaca doa di atas ini adalah perlindungan dari berbagai macam marabahaya yang terkait urusan dunia seperti kecelakaan, tersesat di jalan, batal sampai tujuan, menemui hambatan atau kendala dalam perjalanan, dan lain seterusnya. Dan kita pun berharap bahwa Allah membantu untuk melindungi kita dari berbagai macam marabahaya yang terkait dengan urusan akhirat, seperti misalnya tidak dapat beribadah dengan optimal selama di perjalanan, atau berbagai macam mana Bahaya lain atau ujian lainnya yang terkait dengan urusan akhirat kita.

Maka dengan demikian jelaslah sudah bahwa insya Allah kita bisa terhindar dari kecelakaan bahaya dan sejenisnya di luar rumah dengan melakukan persiapan yang baik (ikhtiar) dan melengkapinya dengan doa kita selama di perjalanan bahkan hingga kita kembali.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa Terhindar Dari Kecelakaan Doa Untuk Untuk Menghindari Kecelakaan Selama Di Dunia Download Mp3 Doa Supaya Terhindar Dari Masalah Download Kecelakaan Amalan Agar Di Lindungi Dari Kecelakaan Djlan

-->