Lafaz Bacaan Doa Terhindar Dari Bahaya: Arab, Latin, Terjemah

Kebaikan Pura2 Arab Latin Arab Latin Bukan Dari Api Abu Yang Menyalah Doa Keselamatan Diri Dan Keluarga.arab Terjemah Doa Kusus Penjagaan Diri Dari Segala Macam Bahaya Arab Latin Doa Melindungi Diri Bahasa Latin

Sebagai seorang manusia sudah sewajarnya kita mengenali dan menyadari bahwa diri kita ini sangatlah lemah. Seringkali sakit, seringkali terkena musibah, hanya hal yang tidak kita ketahui dan tidak kita mengerti. Selain itu, kita juga sering dibayang-bayangi rasa takut dan rasa was-was akan terkena bahaya, baik bahaya dalam urusan dunia dan agama, baik bahaya yang menimpa diri kita sendiri pribadi ataupun bahaya yang menimpa keluarga.

Karena itu sudah sepantasnya kita untuk selalu berdo’a agar terhindar dari berbagai macam mara bahaya yang bisa memberikan mudharat bagi kita. Dengan sering berdo’a meminta perlindungan dari bahaya maka insyaaAllah kita akan Allah hindarkan dari berbagai macam musibah dan hal buruk yang mungkin akan terjadi jika kita tidak mengucapkan hal tersebut.

Bagaimana do’anya? Nah untungnya di dalam ajaran kita yang mulia ini, kita tidak perlu repot dan bingung, karena sudah ada beberapa contoh do’a yang bisa kita amalkan untuk menjaga diri kita dari bahaya, yakni:

“Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan:

اَلْـحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

ALHAMDULILLAAHILLADZII ‘AAFAANII MIMMAB-TALAKA BIHI WA FADHDHALANII ‘ALAA KATSIIRIN MIMMAN KHALAQA TAFDHIILAA

(Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya),

niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya” (HR. Tirmidzi: 3431 dan Ibnu Majah: 3898)

Sumber: muslim

MasyaAllah betapa nikmatnya. Kita melihat orang yang terkena musibah lalu kita berdo’a dengan do’a yang singkat ini, Allah lindungi kita dari musibah yang serupa. Ada juga do’a yang lain:

‘Barang siapa yang mengatakan

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

BISMILLAAHILLADZII LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDHI WA LAA FIS-SAMAA-I WA HUWAS-SAMII’UL ‘ALIIM

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)

sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388)

Sumber: muslim

Tidak susah dan mudah sekali diamalkan, cukup diulang kali saja. Ada juga do’a perlindungan dari bahaya yang lain lagi:

“Barang siapa yang singgah di sebuah tempat kemudian ia mengatakan,

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya) niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR. Tirmidzi: 3437, dan An Nasai: 5433)

Sumber: muslim

Ini bisa kita amalkan saat kita sedang bepergian dan singgah di sebuah tempat, bacalah do’a di atas agar kita tidak tertimpa keburukan selama berada di tempat tersebut.

Adapun dari al-Qur’an ada juga do’a untuk berlindung dari berbagai bahaya dan keburukan, dan kami yakin kalau yang satu ini Anda sudah menghafalnya. Do’a tersebut ada di dalam dua surat terakhir dari al-Qur’an, yakni surat al-Falaq dan surat an-Naas, atau biasa disebut dua surat mu’awwidzatain (dua surat perlindungan), ini didasarkan dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

قَالَ : قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ وَالـمُعَوِّذَتَينِ حِينَ تُمْسِي وَحِينَ تُصْبِحُ ثَلاثَ مَراتٍ تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيءٍ

Beliau bersabda, “Bacalah Al Ikhlas dan Mu’awwidzatain (An Naas dan Al Falaq) di waktu sore dan pagi hari tiga kali, niscaya ia mencukupimu dari segala sesuatu” (HR. Abu Daud: 5082, dan Tirmidzi: 3575)

Sumber: muslim

Yang paling mudah dibaca menurut kami adalah yang terakhir yakni surat al-Falaq dan an-Naas, karena hampir pasti kita sudah hafal keduanya. Jika kita baca maka kita akan menemukan arti dari kedua surat itu memang mengandung banyak permintaaan perlindungan kepada Allah Ta’ala. Tetapi tidak berarti do’a yang lainnya tidak mudah dibaca, insyaaAllah cukup pendek juga dan mudah diamalkan.

Selamat mengamalkan dan semoga bermanfaat.

Doa Penjagaan Diri Dari Marabaya Latin Juz Yang Mengandung Bacaan Melindungi Dari Mara Bahaya Teks Doa Ya Ayyatuhan Arab Latin