Bacaan Do’a Menjenguk/Menengok Orang Sakit: Arab, Latin, Terjemah

Download Doa Menjenguk Orang Sakit Doa Menjenguk Orang Sakit Dan Artinya Doa Utk Sahabat Yg Sedang Sakit Mp4 Video Donlud Islm Downlot Doa Menyeguk Orang Sakkit Free Doa  Tengok Orang Sakit

Dalam kehidupan kita pasti akan mendapat yang namanya ujian. Ujian dari Allah bisa berupa dalam bentuk kesenangan, seperti harta, kesehatan, kecerdasan, ketampanan, dst. Adapun ujian dalam bentuk kesulitan bisa dalam bentuk kemiskinan, penyakit, kurangnya ilmu, buruknya rupa, dst. Salah satu di antara berbagai jenis ujian berupa kesulitan tersebut, ujian berupa penyakit adalah yang langsung terasa perih dan nyerinya.

Nah, jika misalnya ada kerabat, teman atau keluarga yang sakit, hendaknya kita segera menjenguknya/menengoknya. Hal itu dikarenakan menjenguk/menengok orang yang sedang sakit adalah sebuah hal yang disunnahkan di dalam Islam, dan termasuk sebuah perbuatan yang mulia. Sembari menjenguk/menengok, jangan lupa untuk membawa bingkisan yang bermanfaat untuk si sakit, memberikan semangat dan juga mendo’akan agar lekas sembuh.

Untuk do’a, bisa kita gunakan teks do’a berikut yang dicontohkan langsung oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Bacaan Do’a Menjenguk/Menengok Orang Sakit: Arab, Latin, Terjemah

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Artinya:
“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Sumber : rumaysho, HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191

Penjelasan Do’a

Do’a di atas mengajarkan kepada kita untuk tawakkal dalam menghadapi penyakit, dengan menyadari bahwa Allah adalah Tuhan segala manusia, Allah adalah yang mampu menyembuhkan penyakit, maka kita meminta kesembuhan pada-Nya. Setelah itu kita pun menyatakan bahwa hanya diri-Nya saja yang dapat memberi kesembuhan, bukan yg lain, ini adalah tauhid. Dan kita minta pada-Nya supaya menyembuhkan si sakit dengan tanpa menyisakan bekas penyakit sedikit pun.

Lagu Doa Orang Sakit