Bacaan Doa Ayat Kursi – Arab, Latin, Terjemah

Ayat Kursi Doa Doa Tidur Donlowad Surat Kursi Download Ayat Kursi

Alquran adalah sebuah kitab yang sangat mulia dan mengandung banyak sekali manfaat didalamnya bagi kehidupan manusia di dunia dan di akhirat. AlQuran merupakan kitabullah atau firman Allah Yang menjadi pedoman hidup bagi manusia untuk menggapai kebahagiaan di kedua Negeri tersebut. Secara umum al-quran terdiri atas 114 surat dan 6236 ayat, menurut perhitungan beberapa Pakar Alquran.

Di antara 6236 Ayat tersebut, ada ayat yang sangat istimewa yang memiliki kelebihan dibandingkan  ayat-ayat yang lainnya. Ayat tersebut biasa dinamai sebagai ayat kursi, yang merupakan nama lain dari ayat ke 255 dari surat al-baqarah. Ayat ini adalah ayat yang sangat aku yang terdapat di dalam surat yang sangat panjang bahkan terpanjang di dalam al-quran. Bacaan ayat Kursi ini memiliki banyak keutamaan di antaranya sebagai doa perlindungan (do’a agar tidak diganggu setan), dan juga sebagai wirid atau dzikir harian yang disunnahkan untuk dibaca.

Bacaan Text Do’a Ayat Kursi, Bahasa Arab – Latin – Terjemah

Adapun bacaan lengkap do’a ayat kursi dalam bahasa Arab latin serta terjemahannya adalah sebagai berikut:

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

 

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM

Artinya :

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)

Secara umum Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari ayat ini. Di antaranya adalah tentang uluhiyah atau ketuhanan Allah subhanahu wa ta’ala yang merupakan zat yang kekal abadi tidak pernah mati. Yang terus-menerus tidak pernah henti mengurus makhlukNya, yang tidak pernah merasakan kantuk ataupun tidur. Dari ayat ini juga bisa kita ambil pelajaran bahwa Allah adalah pemilik seluruh yang ada dilangit dan juga seluruh yang ada di bumi. Ayat kursi juga menegaskan bahwa hanya Allah yang memiliki syafa’at hanya Allah yang memiliki hak memberikan Syafaat. Yang lain tidak bisa  member memberikan tanpa izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tidak itu saja dari sini kita pun mengetahui bahwa ilmu Allah sangatlah luas dan sangat detail serta sangat terperinci.   Allah mengetahui apa yang ada di depan kita dan apa yang ada di belakang kita sedangkan kita tidak mengetahui apa jika tanpa mendapat izin dan kehendak dari-Nya. Lalu di akhir ayat ini disebutkan bahwa betapa besarnya kursi Allah yang besarnya meliputi seluruh langit dan bumi dalam keadaan Allah tidak berat memelihara semua hal tersebut dan Allah yang Maha Tinggi di atas segala makhluk Nya serta Maha jalla jallaluhu.

Sebagai bonus informasi bagi Anda yang tertarik untuk mendownload MP3 Ayat Kursi silakan ikuti Link berikut ini: MP3 Bacaan Ayat Kursi

Kursi Lahuu Maa Fissamaawaati Wa Maa Fil Ardh.mp3 Surat At Tin