Do’a Menuju Masjid (Berjalan dan Berkendaraan)

Al Ala Dzikir Berjalan Ke Mesjid

Masjid merupakan tambatan hati orang beriman. Betapa tidak, setiap harinya kita mendengar seruan penghambaan dan seruang kemenangan dari masjid dikumandangkan minimal sebanyak lima kali oleh mu’adzin tercinta. Tidak hanya itu, di masjid kita belajar banyak hal, kita bertemu saudara baru, kita menjalin silaturahmi dan persaudaraan dengan tetangga kita. Semuanya berbasis di masjid. Karenanya wajar kalau masjid seharusnya menjadi tempat yang sangat dicintai seorang muslim.

Seorang muslim hendaknya sering untuk datang ke masjid, terutama muslim laki-laki, mereka mempunyai kewajiban memakmurkan masjid dengan melakukan shalat wajib berjama’ah lima waktu di dalamnya. Nah, karena seringnya kita datang ke masjid itu, sudah selayaknya kita mengetahui do’a menuju masjid, do’a yang dapat kita baca di setiap harinya selama perjalanan menuju masjid dari rumah atau tempat lainnya.

Islam mengajarkan tentang bagaimana do’a menuju masjid dilakukan, dan do’anya pun tidak susah, yaitu:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى لِسَانِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى بَصَرِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِى نُورًا وَمِنْ أَمَامِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِى نُورًا وَمِنْ تَحْتِى نُورًا. اللَّهُمَّ أَعْطِنِى نُورًا

“Allahummaj’al fii qolbiy nuuron wa fii lisaaniy nuuron waj’al fi sam’iy nuuron waj’al fii bashoriy nuuron waj’al min kholfiy nuuron wa min amamaamiy nuuron, waj’al min fawqiy nuuron wa min tahtii nuuron. Allahumma a’thiniy nuuron

Ya Allah, berikanlah cahaya di hatiku, pendengaranku, penglihatanku, di belakangku, di hadapanku, di atasku dan di bawahku. Ya Allah berikanlah aku cahaya]”

Sumber: rumaysho, HR. Bukhari dan Muslim

Makna Do’a Menuju Masjid

Do’a menuju masjid ini diamalkan sembari kita berjalan menuju ke masjid, bisa jadi saat kita berjalan, atau naik sepeda, atau naik motor, atau mobil, atau kendaraan lainnya yang bisa kita gunakan untuk mendatangi masjid.

Do’a ini sangat singkat namun padat makna dan manfaat. Dengan do’a ini pertama kita meminta cahaya di hati, yang mana hati ini adalah pusat jiwa kita, dengan terangnya hati insyaaAllah seluruh kehidupan kita akan menjadi terang. Berikutnya disebutkan di dalam do’a ini agar Allah memberi kita penerangan dalam pendengaran dan penglihatan, yang ini merupakan bagian utama dari panca indera kita yang dengannya kita mengenali alam semesta. Dengan terangnya pendengaran dan penglihatan kita insyaaAllah panggilan dan ajakan kepada kebaikan tidak akan kita lewatkan.

Terakhir, dengan do’a ini kita meminta kepada Allah agar dia memberikan cahaya kepada kita dari segala arah, dengan ini diharapkan kehidupan kita akan selalu terbimbing dan ujian yang datang menuju diri kita dari arah mana pun selamat kita lalui dengan bimbingan cahaya dari-Nya.