Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara: Arab, Latin, Terjemah

Doa Naik Kendaraan Darat Arab Bisa Dicopy Download Doa Naik Kendaraan Bacaan Doa Naik Kendaraan Arab Download Doa Naik Kendaraan Versi Anak Anak

Manusia tidak dapat tidak membutuhkan kendaraan untuk bepergian jauh, dikarenakan jika tidak menggunakannya maka akan terlalu melelahkan dan terlalu lama untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Entah itu sepeda, motor, mobil, kereta api, kapal laut, pesawat, helikopter, apa pun bentuk kendaraan itu, akan sangat membantu kita dalam mencapai tujuan.

Nah, adakah do’a dan dzikir yang diajarkan dalam agama Islam untuk kita amalkan sebelum naik kendaraan? Ya ada, Islam sebagai agama yang sempurna tidak melewatkan hal ini. Ada do’a dan dzikir yang diajarkan dalam Islam sebelum kita naik kendaraan.

Dari ‘Ali bin Rabiah, beliau melihat sahabat ‘Ali bin Abi Thalib saat akan naik unta mengucapkan basmalah, lalu saat sampai di pelana unta ‘Ali mengucapkan do’a hamdalah, setelahnya beliau membaca ayat Qur’an sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

SUBHAANALLADZII SAKHKHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNA LAHUU MUQRINIIN

WA INNAA ILAA RABBINAA LA MUNQALIBUUN

(Segal puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami kami akan kembali kepada Tuhan kami)

Setelahnya, ‘Ali membaca hamdalah 3x, lalu beliau membaca takbir 3x, lalu mengucapkan do’a berikut:

سُبْحَانَكَ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

SUBHAANAKA INNII DZHALAMTU NAFSII FAGHFIRLII INNAHU LAA YAGHFIRUDZ-DZUNUUBA ILLAA ANTA

(Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku, ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau)

[Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 2602 dan Tirmizi no hadist: 3446]

Referensi: KlikUK, website Ustadz Kholid bin Syamhudi bin Saman bin Sahal Al-Bantani, menimba ilmu di Universitas Islam Madinah Tahun 1994 dan lulus Tahun 1999 dari Fakultas Hadits.

Setelah melakukan itu semua, sahabat ‘Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa beliau telah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan semua hal tersebut di atas. Maka inilah yang dicontohkan Nabi dan dipraktekkan para sahabatnya. Dan inilah yang kita pakai berdo’a sebelum naik kendaraan, baik sepeda, motor, mobil, kereta api, kapal laut, pesawat, helikopter, dan yang lainnya.

Penjelasan Do’a

Do’a yang dicontohkan di atas menggambarkan tauhid seorang hamba. Sebelum naik, dia menyatakan bahwa ini dilakukan semata hanya untuk Allah, setelah berhasil naik dia memuji Allah atas kemudahan yang diberikannya. Tidak lama, dia kembali memuji Allah atas kemudahan yang diberikan-Nya dengan ditundukkannya kendaraan yang berhasil dia naiki.

Setelah itu, dia kembali memuji Allah 3x, lalu mengagungkan Allah 3x, lalu meminta ampun atas dosa-dosa yang dilakukan oleh sang hamba. Sungguh sebuah do’a yang sangat indah dan penuh akan nilai tauhid.