Do’a Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Doa Masuk Masjid Yang Shahih Donwloat Doa Masuk Mesjid Shalawat

Sebagai tempat yang memiliki peran sentral dalam kehidupan beragama Islam, masjid adalah salah satu tujuan keseharian kita. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di masjid, mulai dari shalat wajib, shalat sunnah, berdo’a dan berdzikir, melakukan ta’lim, koordinasi dakwah, pembinaan anak dan remaja, pembinaan orang tua, pembinaan suami-istri, seminar Islam, kajian ilmiah, dan lain sebagainya.

Karena banyaknya peran yang dimiliki masjid dalah kehidupan keseharian kita, otomatis menyebabkan kita akan sering keluar masuk ke tempat yang mulia tersebut. Nah, karena kita sering sekali berinteraksi dan keluar masuk masjid, maka sudah sepantasnya kita hafal dan selalu membaca do’a keluar dan masuk masjid yang telah Allah ajarkan kepada kita melalui perantara rasul-Nya –shallallahu ‘alaihi wa sallam–. Bagaimana do’anya? Berikut penjelasannya

Lafadz Do’a Keluar Masuk Masjid

Rasulullah mencontohkan kita sebuah do’a yang indah dan penuh manfaat saat akan memasuki masjid, do’a tersebut ialah:

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

BISMILLAAH WASSALAAMU ‘ALAA RASULILLAAH. ALLAHUMMAGHFIR LII DZUNUBII WAFTAHLII ABWAABA RAHMATIK

Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu”

(HR. Ibnu Majah no. 771 dan Tirmidzi no. 314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Sumber : rumaysho

Adapun untuk saat kita keluar dari masjid, beliau mengajarkan kepada kita sebuah do’a yang indah lainnya:

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ

BISMILLAAH WASSALAAMU ‘ALAA RASULILLAAH. ALLAHUMMAGHFIR LII DZUNUBII WAFTAHLII ABWAABA FADHLIK

Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karunia-Mu”

(HR. Ibnu Majah no. 771 dan Tirmidzi no. 314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Sumber : rumaysho

Tidak berbeda jauh dengan do’a yang sebelumnya, hanya berbeda di bagian akhir saja, sehingga do’a keluar dan masuk masjid ini keduanya insyaaAllah akan sangat mudah dihafal.

Penjelasan Makna Do’a Masuk Keluar Masjid

Kedua do’a yang penuh manfaat dan indah ini mengandung beberapa nilai yang mulia. Pertama, keduanya dimulai dengan ucapan “bismillaah” (dengan nama Allah), yang merupakan penegasan dari kita bahwa apa yang sedang kita lakukan ini (masuk dan keluar masjid) adalah kita niatkan untuk mencari ridha Allah semata dan bukan yang lainnya. Selanjutnya kita mengucapkan salam untuk Rasulullaah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– dan ini termasuk shalawat yang sangat Allah cintai dan bisa saja menjadi salah satu penyebab kita mendapatkan syafa’at di hari kiamat.

Berikutnya, dalam do’a tersebut kita beristighfar kepada Allah Ta’ala, meminta ampun saat akan masuk ke masjid karena kita banyak dosa dan akan masuk ke rumah yang suci, juga meminta ampun saat keluar karena selama di masjid kita banyak kekurangan dan salah dalam beribadah. Di akhirnya, kita meminta agar Allah membuka pintu rahmat-Nya dan membuka pintu karunia-Nya kepada kita. Kesemuanya ini sarat akan nilai-nilai tauhid dan penghambaan diri kepada Allah, ketundukan diri dan rasa rendah diri di hadapan-Nya ‘Azza wa Jalla.