Doa Keluar Masuk WC, Toilet, Kamar Mandi: Arab, Latin, Terjemah

Download Doa Keluar Masuk Wc Doa Msuk Wc Mp3

WC, Toilet, Kamar Mandi, Jamban, Kakus, Restroom, dan berbagai nama lainnya adalah tempat yang sangat akrab dengan kehidupan kita. Ya, ruangan tempat kita membuang hasil metabolisme cair dan padat itiu tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Dalam sehari, normalnya seorang manusia mengujungi ruang kecil tersebut minimal satu kali, bahkan bisa lebih jika metabolismenya terlalu lancar atau sedang terkena diare.

Namun tahukah Anda bahwa sesungguhnya syetan itu suka tempat yang kotor seperti WC dan sejenisnya? Oleh karena itulah, maka di dalam WC godaan syetan untuk berbuat dosa menjadi lebih besar dan lebih kuat. Maka, makruh hukumnya untuk berlama-lama di WC, Toilet, Kamar Mandi, Jamban, Kakus, Restroom dan sejenisnya jika tidak ada keperluan yang jelas, agar kita tidak mudah tergoda bisikan syetan.

Nah, supaya tidak terganggu godaan syetan, selain tidak menyarankan untuk berlama-lama di dalam WC dan sejenisnya, Islam pun mengajarkan kita sebuah do’a perlindungan sebelum masuk dan keluar dari tempat tersebut.

Adapun sebelum masuk ke dalam WC, awali dengan kaki kiri lalu ucapkan:

إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ، فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ، فَلْيَقُلْ

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“Sesungguhnya toilet itu didatangi setan. Jika kalian masuk toilet maka bacalah:

ALLAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHABAAITS

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Sumber: konsultasisyariah, HR. Abu Daud 6, Ibn Majah 296, dan dishahihkan al-Albani

Setelahnya, saat keluar dahulukan kaki kanan dan ucapkan:

غُفْرَانَكَ

GHUFROONAKA

Sumber: belajarhadits, HR. Abu Dawud no. 30, at-Tirmidzi no. 7, Ibnu Majah no. 300, Al-Hakim 1/158, al-Bukhori dalam Adabul Mufrod no. 693, Ahmad 6/155, Hadits ini shohih sebagaimana dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam kitabnya Irwaul Ghalil no. 52

Penjelasan Do’a

Do’a sebelum masuk kamar mandi dimaksudkan agar kita tidak tergoda gangguan syetan selama berada di dalam kamar mandi. Bisa jadi godaan tersebut berupa pikiran jahat, pikiran sesat, syahwat dan lain sebagainya. Adapun do’a meminta ampun saat keluar dari kamar mandi karena kita selama di dalamnya juga tidak bisa berdzikir, berdoa, membaca quran dan berbagai ibadah lainnya. Sekaligus sebagai tanda syukur atas nikmat makanan dan minuman yang sebagian sisanya kita keluarkan selama di dalam WC, Toilet, Kamar Mandi, Jamban, Kakus, Restroomdan sejenisnya.