Doa Masuk dan Keluar Rumah (Penting)

Download Lagu Doa Keluar Rumah

Bismillahirohmanirohim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi pada artikel yang baru yang kali ini kita akan membahas tentang sebuah hal yang penting yang kita lakukan berulang kali dalam seumur hidup kita, dimulai sejak kita kecil bahkan hingga kita tua nanti. Hal apakah itu? Hal tersebut adalah permasalahan keluar dan masuk rumah.

Ya Kita sebagai manusia tentu butuh tempat tinggal yang biasanya berbentuk rumah, dan di tempat tinggal tersebut tentunya kita juga sering bolak-balik setiap hari, keluar masuk sesuai dengan keperluan kita sehari-hari. Dalam setiap kehidupan kita sebagai seorang muslim, kita tahu bahwa selalu ada tuntunannya mulai dari yang kecil hingga yang besar. Nah yang jadi pertanyaan dalam hal Sudah menjadi kebiasaan sehari-hari seperti ini pun ada tuntunannya di dalam agama Islam? Jawabnya, ada. Ya benar, di dalam Islam hal seperti ini pun ada tuntunannya.

Adab dan doa masuk rumah

Di antara adab yang diajarkan oleh Islam adalah jika seseorang masuk kedalam rumahnya makanya disunahkan untuk menyebut nama Allah Saat memasukinya. Adab ini tidak susah diterapkan bahkan bisa jadi kita merasa sangat ringan dan merasa sudah menjadi kebiasaan saja nanti jika kita saking ringannya. Adab nya ketika kita masuk rumah hanyalah berupa tuntunan untuk mengucapkan salam saja, yakni ucapan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ini adalah ucapan yang disunnahkan saat kita akan memasuki sebuah rumah sebagaimana dijelaskan di dalam Alquran pada surat An Nur ayat 61 di mana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur: 61).

Dan sebagaimana dijelaskan didalam sebuah hadits yang Insya Allah sahih, di mana Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda tentang apa yang harus diucapkan saat kita akan masuk ke dalam sebuah rumah, beliau bersabda:

Dari Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padanya,

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” (HR. Tirmidzi no. 2698. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Namun Syaikh Al Albani merujuk pendapatnya dan menshahihkan hadits ini dalam Shohih Al Kalim 47).

Referensi: rumaysho, hadithportal

Kita lihat ini adalah sebuah adab yang sangat baik dan mulia yang diajarkan oleh Al Islam kepada kita. Di dalam adab yang sangat indah ini Allah dan rasulnya mengajarkan kita agar memuliakan penghuni rumah, dengan meminta izin berupa Ucapan salam saat akan memasuki tempat mereka tinggal. Ini tentunya akan membuat mereka merasa dihargai dan merasa senang dengan kedatangan kita. Ini juga berguna agar orang yang berada di dalam rumah siap menerima kedatangan kita, tidak kaget atau terkejut saat menerima kedatangan kita, karena mereka telah mengetahui kedatangan kita Ucapan salam yang kita utarakan sebelumnya.

Ada juga doa lain yang bisa kita baca saat kita akan masuk ke dalam rumah yang dibaca saat kita akan masuk ke dalam sebuah rumah, tentunya telah diizinkan oleh sang pemilik rumah. Doa tersebut adalah ucapan Bismillah atau menyebut nama Allah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis dari riwayat Muslim, Di mana nabi menjelaskan:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim no. 2018)

Referensi: rumaysho

Nah, ternyata dengan melakukan sebuah hal yang sangat mudah dan sederhana tersebut, yaitu membaca asma Allah saat akan masuk ke dalam rumah maka kita akan mendapat penjagaan dari Allah subhanahu wa ta’ala terhadap Berbagai gangguan setan. Dengan mengucapkan kalimat yang sangat singkat tersebut yang hanya membutuhkan 1 hingga 2 detik saja ternyata bisa membuat setan tidak betah bermalam di rumah kita, dan jika kita tambahkan dengan ucapan yang sama saat akan makan maka Setan Pun akan pergi dan untuk ambil jatah makanan dari rumah kita. Tentunya jika mereka tidak betah dirumah kita dan tidak mendapat makan, maka mereka pun akan lemah dan gangguannya terhadap kita akan berkurang.

Adab dan doa keluar rumah

Adapun yang berikutnya adalah adab yang merupakan kebalikan dari adab masuk rumah, dan juga doa yang merupakan kebalikan dari doa masuk ke dalam rumah, yakni adab dan doa keluar rumah.

Ada banyak adab saat kita akan keluar rumah, diantaranya yang paling penting adalah kita keluar dalam rangka kebaikan, bukan dalam rangka maksiat. Ini adalah adab yang paling penting yang perlu kita jaga saat kita akan pergi keluar rumah. Lagu Diantara adab lainnya yang perlu kita perhatikan saat keluar rumah adalah menutup aurat dengan baik agar tidak terlihat orang lain, terutama yang bukan mahram kita. Berikutnya juga alangkah baiknya jika kita tidak berikhtilat atau membuang waktu di luar rumah, dan memastikan kegiatan kita di luar rumah sepenuhnya dalam kegiatan kebaikan.

Adapun selain adab keluar rumah di dalam Islam juga diajarkan doa keluar rumah, yang pendek dan mudah dihafalkan serta mudah diamalkan. Yang kita Insya Allah mengucapkan doa ini akan mendapat petunjuk, perlindungan, Serta kecukupan dalam kebutuhan kita. Dan hebatnya lagi dengan mengucapkan doa ini setan-setan pun akan menjauh dari kita. Bagaimana doanya dan mengapa bisa demikian? Berikut doanya:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dan berikut penjelasannya:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Referensi: muslimah

Ya kita bisa lihat di atas, dari hadis yang disebutkan kita mendapatkan bahwa nabi menjelaskan bagi orang yang membaca doa di atas maka dirinya akan mendapatkan petunjuk, kebutuhan yang akan dipenuhi, dan dirinya akan dilindungi. Setelah membacanya pun kita akan terlindung dari gangguan setan Bahkan mereka menjauh. Kenapa mereka menjauh? Jawabnya sebagaimana dijelaskan di akhir Hadits, karena mereka merasa tidak mungkin bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, kecukupan, perlindungan. Sehingga mereka merasa berat dan bahkan bisa jadi berputus asa dalam mengganggu dan dalam menggoda orang yang lakukan hal tersebut.

Masya Allah betapa besarnya keutamaan dari membaca doa masuk rumah dan membaca doa keluar rumah, Semoga Allah mudahkan kita untuk mengamalkan kedua doa di atas, dan memberikan kita berbagai macam kebaikan yang dijanjikan oleh Rasulullah Alaihi Wasallam sebagaimana tercantum pada doa-doa di atas.