4 Keutamaan Membaca Al-Quran

Download Keutamaan Alquran Mp3 Aswaja 4 Faedah Al Quran Aphlztgyqkeuojsuovhlzt1yojwul2ryzwouous1pzsh Ayat 30 Jus Download Pahala Baca Alquran

Seringnya orang merasa malas untuk membaca Al-Quran dengan berbagai macam alasan. Padahal di dalam Al-Quran terdapat banyak petunjuk bagi manusia untuk menjalani hidupnya di dunia. Bahkan lebih anehnya lagi sebagian orang justru merasa tidak memiliki cukup waktu sehari-harinya untuk membaca Al-Quran dan mengabaikan pahala yang menyertainya.

Sedangkan beberapa orang lainnya menganggap bahwa dirinya tidak sanggup belajar Al-Quran serta menganggap mempelajarinya adalah pekerjaan yang sulit dilakukan. Padahal dengan membacanya, akan sangat mudah mendatangkan kebaikan. Beberapa keutamaan membaca Al-Quran dapat Anda temukan dalam pembahasan di bawah ini.

Membaca Al-Quran Menjadi Perdagangan Yang Tidak Pernah Merugi

Seperti yang disebutkan dalam Quran surat Fathir ayat 29-20, orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan salat serta menafkahkan sebagian rezeki yang di anugerahkan kepadanya baik secara diam-diam maupun terang-terangan, sesungguhnya orang-orang tersebut menjalankan perniagaan yang tidak akan pernah merugi. Lantas sisi tidak merugi manakah yang dimaksud pada kebiasaan membaca Al-Quran?

  • Dari setiap satu huruf dalam Al-Quran yang di baca, maka akan di ganjar dengan 1 kebaikan. Di masa yang akan datang, 1 kebaikan tersebut akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.
  • Kebaikan yang dilakukan dengan membaca Al-Quran akan membantu Anda menghapuskan kesalahan yang pernah diperbuat.
  • Allah telah menjanjikan ganjaran pahala yang semakin bertambah seiring dengan kuantitas bacaan Al-Quran dalam setiap harinya.
  • Setiap bacaan Al-Quran semakin bertambah agung sekaligus mulia jika dilafalkan dalam salat.

Membaca Al-Quran Dapat Mendatangkan Kebaikan

Seseorang yang lancar dalam membaca Al-Quran akan bersama malaikat-malaikat yang mulia. Selain itu, mereka juga akan senantiasa taat terhadap perintah Allah seperti yang telah dijelaskan di dalam hadis HR. Muslim. Adapun seseorang yang masih membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya, termasuk sulit atasnya bacaan tersebut akan diberikan dua pahala sekaligus.

Membaca Al-Quran Mendatangkan Syafaat

Disebutkan bahwa membaca Al-Quran akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat (HR. Muslim). Di dalam hal ini tentunya akan sangat disarankan jika seseorang lebih mengutamakan waktunya untuk membaca Al-Quran, meskipun disibukkan dengan berbagai macam kesibukan sehari-harinya. Jika memang perlu justru sediakan jadwal rutin tersendiri khusus untuk membaca Al-Quran.

Al-Quran Merupakan Salah Satu Ibadah Yang Paling Agung

Allah telah menjamin bahwa siapa pun yang selalu mengikuti Al-Quran senantiasa tidak akan pernah sesat di dunia, bahkan tidak akan merugi saat nanti di akhirat. Allah juga telah menjanjikan bahwa siapa pun yang selalu mengikuti petunjuk dalam Al-Quran tidak akan pernah celaka dan sesat, baik dalam menjalani kehidupannya di dunia maupun saat di akhirat. Maka dari itu, jadilah orang yang semangat dan giat dalam membaca Al-Quran untuk mendapatkan semua kebaikannya.