Keutamaan Dan Keuntungan Menghafal Al Quran

Cara menghafal Al Quran dengan efektif, mudah, dan cepat memang banyak dicari oleh muslim yang ingin menghafalkan seluruh ayat yang ada di dalam Al Quran. Menghafalkan ayat-ayat Al Quran yang merupakan Firma dari Allah SwT sendiri adalah salah satu keutamaan yang harus diprioritaskan oleh umat muslim. Namun, banyak orang muslim yang tidak atau belum menghafalkan Al Quran baik itu karena belum bisa maupun memang tidak memiliki keinginan untuk menghafalkan Al Quran. Padahal menghafalkan Al Quran merupakan keutamaan yang bisa memberikan keuntungan bagi orang muslim itu sendiri. Berbagai keutamaan dan keuntungan tersebut tidak hanya untuk dunia tetapi juga sebagai bekal di akhirat nanti. Oleh karena itu, penting bagi orang muslim untuk menghafalkan Al Quran yang merupakan Firman Allah Swt. Berikut ini berbagai keutamaan dan keuntungan yang bisa diperoleh dari menghafal Al Quran:

Memberikan Perasaan Tenteram

Menghafalkan Al Quran bisa memberikan perasaan tenteram dan tenang pada orang muslim. Hal tersebut telah tertulis dan dijelaskan di dalam Al Quran pada surat Ar Ra’d ayat 28. Dalam surat tersebut dijelaksan bahwa orang-orang yang beriman hatinya akan menjadi tenteram ketika mengingat nama Allah SwT. Karenanya, bagi orang muslim dianjurkan untuk menghafal Al Quran agar hati menjadi tenteram dan dekat dengan Allah SwT. Agar bisa menghafalkan Al Quran dengan efektif dan cepat tentunya perlu mengetahui cara menghafal Al Quran.

Menjadi Syafaat di Hari Perhitungan atau Yaumil Hisab

Keutamaan menghafalkan Al Quran lainnya yang sangat penting bagi umat muslim adalah mendapatkan bantuan pada hari perhitungan amal yang akan datang. Orang yang menghafalkan Firman dari Allah yang tertulis dalam Al Quran akan mendapatkan bantuan dari Al Quran dan menjadi saksi bagi orang muslim tersebut. Tidak hanya menghafalkan, dalam hal ini orang muslim juga diperintahkan untuk menjadi sahabat Al Quran. Menjadi sahabat Al Quran di sini maksudnya adalah dekat dengan Al Quran yang bisa dilakukan dengan membaca, menghafal, mengajarkan, dan lainnya. Keutamaan yang sangat baik terutama di akhirat ini tentunya ingin didapatkan seluruh umat muslim yang ada di dunia.

Pengobat Penyakit Hati

Penyakit hati seperti sombong, ujub, riya dan lainnya merupakan hal yang tidak bagus bila dimiliki oleh umat manusia karena bisa merusak diri sendiri serta orang lain. Makanya, penyakit hati perlu dihilangkan atau diobati agar penyakit hati yang sifatnya rohaniyah dan batiniyah ini bisa disembuhkan maupun dicegah. Menghafalkan Al Quran adalah salah satu obat penyakit hati yang juga bisa memberikan ketenteraman pada orang muslim yang bersangkutan.

Beberapa keutamaan dan keuntungan menghafalkan Al Quran di atas sangat berguna serta bermanfaat bagi umat muslim baik bagi kehidupan di dunia maupun akhirat. Menghafalkan Al Quran juga bisa memberikan banyak sekali pahala yang istimewa. Oleh sebab itu, hafalkan seluruh ayat yang ada di dalam Al Quran dengan menggunakan trik maupun teknik yang efektif sebagai cara menghafal Al Quran.