Doa Ketika Akan Membaca Quran

Download Mp3 Bacaan Do"a Sbelum Baca Qur"an Asmaul Husna Aiman Download Bacaan Doa Remaja Download Doa Setelah Baca Alquran

Bismillahirrohmanirrohim kali ini kita akan membahas tentang bacaan doa ketika akan membaca Alquran. Sebagai seorang muslim kita tentunya tidak akan pernah terlepas dari Al Quran Al karim dan juga Al Hadits An Nabawi, Di mana keduanya merupakan panduan hidup kita sebelum kita dilahirkan, saat kita dilahirkan, semasa kita bayi, remaja, dewasa, hingga tua dan kita meninggal kita tidak akan pernah lepas dari Al Quran sebagai panduan hidup muslim. Maka betapa besar keterkaitan antara diri kita sebagai seorang muslim dan Alquran yang mulia.

Selain Sebagai panduan hidup kita Alquran juga bahkan untuk dibaca boleh kita di setiap harinya, agar hati kita menjadi hidup, agar jiwa kita menjadi tenang, agar ruh kita jadi bersemangat, agar rumah kita menjadi berkah, agar tempat tinggal Kita terbebas dari jin dan setan yang jahat yang mereka akan tersiksa dengan bacaan Quran tersebut. Dan tentunya juga agar kita mendapatkan pahala yang berlimpah dari setiap huruf dalam Alquran yang kita baca.

Dalam melakukan pembacaan AlQuran tersebut tentu tidak sembarangan, bahkan ada banyak adab-adab yang perlu diperhatikan dalam membaca Alquran mulai dari hukum tajwidnya, penempatan musafir, kondisi kesucian badan bacanya, posisi duduk dan bahkan kondisi pakaian saat melakukan Tilawah Alquran. Semuanya harus kita perhatikan agar bacaan Alquran kita lebih bermakna dan juga tentunya lebih berpahala di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di antara salah satu adab dalam membaca Alquran yang lainnya yang banyak beredar di masyarakat kita adalah doa khusus saat akan mulai membaca Alquran, yang dibaca tepat sebelum kita memulai membaca ayat pertama mushaf yang kita miliki. Adapun doa tersebut yang banyak beredar di masyarakat nafasnya dan artinya adalah sebagaimana berikut:

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

ALLOOHUMMAFTAH ‘ALAYYA HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAYYA ROMA TAKA WA DZAKKIRNII MAANASIITU YAA DZAL JALAALI WAL IKROOMI

Artinya :

Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Jika kita lihat dari teks doa di atas maka kita tidak akan menemukan ada masalah. Secara umum doa ini sangat baik maknanya dan artinya. Yang pertama kita lihat di awal doa yang dimohonkan adalah ya Allah yang menandakan bahwa orang yang sedang berdoa ini Iya hanya memohon kepada Allah semata dan bukan kepada selainnya, yang ini merupakan bentuk penilaian hak Allah sebagai satu-satunya yang berhak diibadahi dan dimintai pertolongan sebagaimana yang kita ucapkan 17 kali sehari surat al-fatihah.

Selanjutnya di dalam doa ini kita memohon agar rahmatnya terbentang kepada kita, yang mana hanya dengan rahmatnya kita bisa mendapatkan hidayah Islam, mendapatkan petunjuk menjadi seorang muslim, termasuk mendapatkan nikmat bisa membaca al-quran itu sendiri yang tentunya ini merupakan sebuah bentuk nikmat juga dari Allah subhanahu wa ta’ala bukan atas kemampuan kita sendiri. Selanjutnya kita memohon dalam doa tersebut agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengingatkan kita terhadap hal-hal yang penting kita lupakan, agar kita dapat mengingatnya kembali dan memetik manfaat dari hal yang penting tersebut. Lalu di akhirnya kita ucapkan salah satu Asmaul Husna yang terkait dengan permintaan kita tersebut yakni zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Demikianlah diantara makna dari doa tersebut di atas, secara makna memang bagus. Akan tetapi jika kita lihat dari sisi lainnya, tempatnya dari sisi fiqih, maka doa diatas Mohon maaf sekali kami belum tahu sumbernya dari mana yang mengatakan bahwa harus dibaca sebelum memulai Tilawah Alquran. Dan Mohon maaf juga kami belum mengetahui didapat dari manakah hadisnya yang mencontohkan doa tersebut di atas untuk dibaca sebelum memulai bacaan Alquran atau Tilawah Al Quran.

Adab Sebelum Membaca Quran

Adapun yang kami tahu tentang adab sebelum membaca al-quran yang ada di dalam syariat Islam, yakni panduan untuk membaca atau ucapan perlindungan kepada Allah sebelum kita membaca Alquran. Perlindungan dari apa yakni perlindungan dari gangguan setan. Dan insya Allah kita semua sudah tahu bagaimana doanya yakni ” A’udzu billahi minas syaitoonirrojim”, sebagaimana diperintahkan di dalam Quran surat an-nahl ayat 98:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu membaca al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

Referensi: rumaysho, alukah

Dan juga disunahkan kepada kita untuk membaca Basmalah yakni Bismillahirohmanirohim, ini dimulai sebelum membaca Setiap awal surat, dengan pengecualian surat at-taubah yakni surat ke 9 di mana kita tidak perlu membaca Bismillahirrohmanirrohim atau Basmalah pada saat membacanya.

Ini sebagaimana dijelaskan oleh salah seorang ulama besar Al Imam an-nawawi di mana beliau mengatakan:

وينبغي أن يحافظ على قراءة بسم الله الرحمن الرحيم في أول كل سورة ، سوى براءة فإن أكثر العلماء قالوا إنها آية حيث تكتب في المصحف ؛ وقد كتبت في أوائل السور سوى براءة

Selayaknya dijaga untuk membaca bismillahirrahmanirrahim di setiap awal surat. Kecuali surat at-Taubah. Karena mayoritas ulama mengatakan, ini adalah satu ayat (khusus) yang ditulis di mushaf. Dan ayat ini ditulis di semua awal surat, kecuali at-Taubah. (at-Tibyan fi Adab Hamalah al-Quran, hlm. 81).

Referensi: konsultasisyariah, attibyaan, alifta

Inilah yang kami tahu yang lebih dan lebih Shahih tentang doa sebelum membaca Alquran Al Karim. Yakni membaca Ta’awudz lalu dilanjutkan dengan membaca basmalah lalu dilanjutkan dengan membaca atau ayat yang sebelumnya sedang kita baca atau yang seharusnya kita lanjutkan membaca di dalam mushaf Alquran yang kita miliki. Wallahu a’lam.

Download Musik Cinta D As Lam Doa