Doa Ketika Ada Angin Kencang Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Angin adalah salah satu bentuk rahmat Allah kepada kita manusia di dunia karena dengan angin kita mendapatkan sejukan tanaman bisa berkembang biak dan pikir kita bisa kering serta seterusnya. Dengan angin juga kita bisa mendapatkan listrik tumbuhan bisa tersebar, hujan bisa turun, Masya Allah. Jadi secara umum memang angin itu membawa banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia.

Akan tetapi terkadang angin pun bisa menjadi sumber bencana bagi manusia. Kapan hal itu bisa terjadi? Yaitu saat angin bertiup kencang lebih dari batas yang diperlukan oleh saat angin bertiup kencang lebih dari batas yang diperlukan oleh manusia. Saat angin bertiup jauh lebih kencang dari yang dibutuhkan disanalah bencana terjadi, akibatnya terjadilah musibah angin puyuh, angin puting beliung, angin topan, dan angin yang lainnya.

Angin kencang tersebut saja terjadi hari ini, besok, lusa atau kapan pun. Tidak pernah ada yang tahu kapan musibah angin akan terjadi. Yang lebih bahaya lagi jika selain angin kencang tersebut datang juga berbagai barang yang beterbangan membahayakan manusia yang terkena serpihan barang-barang yang terbang bersama angin.

Karenanya sebagai Muslim kita dianjurkan untuk membaca doa-doa yang dapat membentuk kita untuk terhindar dari musibah angin angin tersebut. Ya benar, Islam mengajarkan kita untuk banyak berdoa di dalam setiap keadaan dalam setiap Kakak kita tidak boleh lupa untuk berdoa kapan pun termasuk saat ada musibah angin.

Do’a Di Saat Ada Musibah Angin Menerpa

Ada sebuah doa yang populer di kalangan masyarakat yang sering dibaca saat terjadi hujan yang kecil atau angin yang bertiup kencang, doa tersebut seperti berikut:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا وَخَيْرَمَآ اَرْسَلْتَ بِهِ، وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَآ اَرْسَلْتَ بِهِ

ALLOOHUMMA INNI AS-ALUKA KHOIROHAA WA KHOIRO MAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIHI WA A’UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARIIMAA ARSALTA BIHI

Artinya :

Ya Allah! aku mohon kepadaMu kebaikannya (angin) dan kebaikannya apa yang ada padanya, dan kebaikan yang dibawanya, dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan yang ada padanya dan kejahatan yang dibawanya.

Jika kita lihat sekilas bacaan doa di atas Insyaallah kandungannya adalah baik yaitu peta kita memohon kebaikan dari angin yang bertiup kepada Allah yang menguasai angin dan yang mengizinkan supaya angin tersebut bertiup. Selanjutnya kita memohon perlindungan kepada Allah ta’ala agar angin yang bertiup tersebut tidak membawa keburukan kepada kita. ini merupakan salah satu bukti bahwa hanya Allah yang berkuasa di alam semesta ini, termasuk dalam perkara peniupan angin dan pemberian kebaikan atau keburukan di dalamnya. Selanjutnya kita pun berlindung dari keburukan dari kejahatan yang terkandung di dalam angin yang sedang bertiup tersebut.

Jadi dari sisi teks doa, doa ini sangat baik dan mengandung nilai tauhid yang tinggi. Hanya saja sayangnya doa ini kami masih belum tahu didapatkan dari Hadits yang mana? Dan apakah jika dari hadis sahih atau tidak? Hanya saja karena dalam doa masalahnya luas, kami berharap tidak mengapa mengucapkan doa tersebut saat terjadi angin kencang. Hanya saja jangan diyakini bahwa doa tersebut adalah doa yang diajarkan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.