Doa Melihat Kilat dan Mendengar Petir (Halilintar): Arab, Latin, Terjemah

Suara Halilintar Mp3 Download

Kilat pada asalnya merupakan sebuah kilasan cahaya yang tampil sangat cepat, biasanya muncul pada saat terjadinya hujan. Sejatinya kilat merupakan fenomena terjadinya loncatan listrik dari awan ke tanah yang menimbulkan cahaya. Adapun petir (halilintar) adalah suara kencang yang menyertainya diakibatkan terbelahnya udara oleh loncatan listri tersebut. Dan saat terjadi keduanya, kita dianjurkan untuk berdo’a dan berdzikir.

Do’a Mendengar Petir

Adapun do’a yang bisa kita baca saat terjadinya kilat atau halilintar didapatkan dari sebuah atsar yang diriwayatkan dari sahabat Nabi, Abdullah bin Zubair, di mana saat terjadi kilat beliau menghentikan pembicaraannya dan mengucapkan:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

SUBHAANALLADZII YUSABBIHUR-RA’DU BI HAMDIHI WAL MALAAIKATU MIN KHIIFATIHI

“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya

Sumber: rumaysho

Dan ada juga do’a/dzikir lainnya saat mendengar halilintar, kali ini diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, di mana beliau mengucapkan:

سُبْحَانَالَّذِيسَبَّحَتْلَهُ

SUBHAANALLADZII SABBAHAT LAHU

“ Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”

Sumber: muslim

Untuk kedua do’a di atas adalah do’a yang berasal dari sahabat Nabi, bukan yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini insyaaAllah tidak mengapa karena dalam urusan do’a masalahnya adalah luas. Demikian yang difatwakan oleh Lajnah Daaimah, dewan fatwa Kerajaan Saudi Arabia.

Do’a Melihat Kilat

Adapun untuk melihat kilat, kami hingga saat ini belum menemukan do’a khusus yang dapat diamalkan saat melihatnya. Akan tetapi jika saat melihat kilat kita menjadi teringat akan keagungan Allah dan ingin untuk memujinya, maka ini insyaaAllah hal yang baik dan tidak mengapa untuk dilakukan. Allahu a’lam.

Penjelasan Do’a Mendengar Petir (Halilintar) dan Melihat Kilat

MasyaAllah, do’a mendengar petir ini adalah sebuah do’a yang sangat baik, mengandung unsur tauhid yang tinggi. Pertama kita langsung memuji Allah sebagai dzat yang Maha Suai dari segala kekurangan dan kesalahan. Kita pun memujinya karena peringatan berupa suara halilintar yang menggelegar, bahwa suara halilintar (petir) yang menggelegar itu pada hakikatnya adalah suara tasbih mereka kepada Allahu Ta’ala, dikarenakan setiap makhluk bertasbih dengan caranya masing-masing. Selanjutnya kita pun memuji Allah karena para malaikat pun bertasbih kepada-Nya, karena takut kepada-Nya, sekaligus sebagai pengingat bahwa kita pun harus takut kepada-Nya.