Doa Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Bismillahirohmanirohim. Kesehatan, keselamatan dan juga kesejahteraan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Makanya tidak heran jika seumur hidup sejak kecil hingga kita dewasa dan bahkan hingga kita tua nanti kita selalu memohon kepada Allah ketiga hal tersebut, yaitu: kesehatan badan, keselamatan dalam segala urusan serta kesejahteraan dalam kehidupan. Dan harapan kita mudah-mudahan kita dapat selalu memanfaatkan ketiga hal tersebut dalam kebaikan yakni dalam perbuatan taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Walau bagaimanapun mau tidak mau kita sebagai manusia sangat butuh terhadap hal-hal tersebut. Tanpa kesehatan kita tidak bisa beraktivitas, tanpa keselamatan jiwa kita terancam, dan tanpa kesejahteraan maka kita tidak merasa bahagia. Maka mohonkanlah hal-hal tersebut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, agar dia berkenan memberikan kepada kita ketiganya.

Sebagai seorang muslim dalam meraih keinginan kita memiliki sebuah tuntunan yaitu berusaha dan berdoa. Adapun masalah usaha tentunya sudah jelas Bagaimana cara agar meraih kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan. Yakni dengan cara menjaga faktor-faktor penyebab sehat, berhati-hati dalam setiap hal, berusaha bekerja dengan giat.

Adapun dari sisi doa maka ada sebuah doa yang bisa kita baca dan amalkan kapan pun kita perlukan yakni doa sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI

Artinya :

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Secara umum doa ini adalah doa yang sangat baik yang mengandung makna makna yang tinggi lagi mulia. yang pertama dalam doa ini kita bisa melihat ada nilai mengesakan Allah atau tauhid di bagian kalimat pertama yaitu kita memohon kepada Allah, tidak memohon kepada selainnya. Lalu berikutnya kita memohon keselamatan dalam agama karena agama ini adalah hal yang menjadi pokok kehidupan kita yang menjadi penyelamat kita di dunia dan di akhirat.

Setelah kita meminta hal yang paling pokok tersebut kita memohon juga kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar dia memberikan kita kesejahteraan keselamatan pada tubuh kita dan lalu juga kita meminta agar Allah menambahkan ilmu yang bermanfaat kepada kita, serta agar Allah berkenan memberikan rezeki yang berkah kepada kita agar kita dapat menjalankan hidup kita ini dengan baik. Lalu diakhiri dengan permintaan yang terkait dengan hal-hal ukhrawi yang terkait dengan urusan akhirat, yakni: kesempatan Taubat sebelum mati, Rahmat saat mengalami kematian dan ampunan setelah kita meninggal.

Adapun jika ditinjau dari tinjauan hadits, kami sejauh ini belum mengetahui sumber dari doa ini akan tetapi karena dalam doa urusannya adalah mudah, maka kami berharap dah ini tidak masalah untuk diamalkan selama tidak diyakini sebagai doa yang berasal dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, serta tidak dikhususkan untuk dibaca di waktu tertentu, tempat tertentu, dengan cara tertentu dan jumlah tertentu.

Betapa komplit dan lengkapnya doa ini mudah-mudahan bisa kita baca dengan mudah-mudahan Allah kabulkan doa ini untuk kita. Kabulkan ya Allah.