Fadilah Membaca Al Quran

Fadilah Membacanya

Mengapa kita malas membaca al-Qur’an? Bisa jadi karena kita belum tahu apa saja keutamaan al-Qur’an! Karenanya, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja keutamaan membaca al-Qur’an supaya kita tahu bagaimana besarnya pahala dan keutamaan yang akan kita dapat dengan membacanya.

Berikut ini akan kami sampaikan kepada para pembaca yang dirahmati Allah mengenai Fadilah  Membaca Al Quran yang sesuai dengan ajaran islam :

  1. “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).” [Al-Baqarah : 185]
  2. Dalam HR. Bukhari menyatakan sebaik-baik manusia di antara kalian ialah yang mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an.
  3. Satu huruf dalam Al Quran jika dibaca akan mendapatkan satu kebaikan yang dimana kebaikan tersebut akan dibalas dengan 10 kali lipatnya.
  4. Perumpaan bagi orang yang membaca dan menghafal Al Quran maka bersamanya para malaikat yang mulia dan suci, sedangkan bagi oang yang membaca dan mengamalkannya walaupun hal tersebut terasa sulit maka dengannya 2 pahala.
  5. Salah satu fadilah membaca Al Quran bagi yang mempelajari serta mengamalkannya, maka ada balasan bagi kebaikannya di hari kiamat kepada bapak dan ibunya dengan dipakikan mahkota yang bercahaya dan bersinar bagai matahari yang tidak akan tertandingi nilainya dengn apapun yang ada di dunia.
  6. Nabi bersabda bahwasanya Al Quran sebagai pemberi syafa’at pada hari kiamat kepada seorang hambanya yang ahli.
  7. Bagi hamba-Nya yang berkumpul untuk membaca serta mengkaji Al Quran akan dicurahi rahmatNya, silimpahi ketenangan, disanjungi Allah dan diliputi para malaikat disisiNya dan di hadapan para makhluk.
  8. Memberikan ketenangan dan ketentraman dalam hatinya jika selalu mengingat Allah.
  9. Al Quran sebagai obat untuk segala penyakit.
  10. Mendapat kebaikan berlipat ganda dengan mendengarkan Al Qur’an dan mendapat cahaya di hari kiamat bagi yang membaca Al Qur’an.
  11. Mendapat kedudukan yang tinggi kelak di dalam syurga dengan membaca Al Quran.
  12. Al-Qur’an dapat menjadi hujjah yang akan menolong dengan membelamu atau justru sebaliknya yakni menjadi hujjah yang akan membantahmu. Sehingga bacalah, pahami dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari, jadikanlah Al Quran sebagai pedoman hidupmu.
  13. Jika kalian membaca Quran secara terang-terangan maka kalian seperti orang yang juga bersedekah secara terang-terangan, begitupun sebaliknya jika membaca Quran secara sembunyi-sembunyi maka juga sama dengan orang yang juga bersedekah secara diam-diam.
  14. Seruan untuk membaca Al Quran dengan sungguh-sungguh karena Al Quran merupakan cahaya kegelapan dan petunjuk di siang hari.
  15. Rasulullah bersabda bahwa sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan hambanya (manusia) yakni orang-orang yang ahlul Quran.

Demikian beberapa Fadilah membaca Al Quran bagi orang-orang yang mengimani, membaca sekaligus mengamalkan isi kandungan Al Qura’an dalam kehidupan sehari-hari bahkan mengajarkannya pada sesamanya. Nah, semoga dengan artikel ini mengingatkan Anda dan kita semua untuk selalu mengimani, membaca, mengamalkan dan mengajarkan Al Qur’an, agar syurga menjadi tempat terakhir bagi kita. Amin..