Mengenal Al Quran, Kitab Suci Umat Islam dan Pedoman Hidup Manusia

Dasar Islam Download Ceramah Al Quran Sebagai Pedoman Hidup Keyakinan

Alquran atau Al Quran merupakan kitab suci yang dituturkan dengan bahasa Arab; berisi wahyu dari Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. yang dibawa melalui Malaikat Jibril. Bagi umat Islam, Alquran adalah penutup dan puncak wahyu Sang Pencipta serta pedoman bagi seluruh umat manusia. Dari segi bahasa, Alquran dalam bahasa Arab memiliki arti sebagai bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang. Kata kitab suci tersebut merupakan kata benda dari kata kerja qara’a yang berarti membaca.

Jumlah ayat yang terkandung di dalam Alquran berbeda menurut beberapa sumber. Berdasarkan riwayat Hafsh sebanyak 6236 ayat, riwayat ad-Dur sebanyak 6262 ayat, dan riwayat Warsy sebanyak 6214 ayat. Namun untuk surah dan juz, sebagian besar sumber menyatakan Alquran mempunyai 114 ayah serta 30 juz. Pembagian 30 juzdalam kitab suci tadi dimaksudkan untuk memudahkan pembaca menuntaskannya dalam waktu 30 hari. Ada pula metode manzil yang membagi Al-Quran menjadi 7 bagian.

Surah Makkiyah dan Madaniyah

Berdasarkan tempat atau kota diturunkannya, surah-surah yang terdapat di dalam Alquran dibagi menjadi dua golongan, yaitu Makkiyah (Mekkah) dan Madaniyah (Madinah). Pembagian ini ditentukan dari tempat dan waktu saat ayat atau surah diturunkan. Ayat atau surah yang turun sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah termasuk ke dalam golongan Makkiyah. Sedangkan yang turun setelah Rasulullah berada di Madinah termasuk ke dalam golongan surah Madaniyah.

Di dalam Al Quran, surah Makkiyah mempunyai jumlah ayat sedikit dan membahas prinsip keimanan dan akhlak dengan panggilan yang ditujukan kepada manusia. Sementara ayat atau surah yang turun di kota Madinah memiliki ayat banyak dan membahas peratuan di antara seseorang dengan Tuhan; seseorang dengan lainnya atau syari’ah dan lain sebagainya. Metode pembagian sebelum dan setelah hijrah dinilai lebih tepat, karena ada surah Madaniyah yang turun di kota Mekah.

Keutamaan-keutamaan Alquran

Ada banyak keutamaan yang dapat kita peroleh dari Alquran, beberapa di antaranya adalah:

1. Alquran adalah Cahaya. Dalam hal ini, Alquran berperan sebagai penerang perjalanan hidup seorang hamba dan membimbingnya pada keselamatan di jalan Allah Swt.;

2. Alquran adalah Petunjuk. Sesungguhnya Alquran merupakan gerbang hidayah bagi orang-orang beriman yang senantiasa merenungkan kandungan ayat di dalamnya;

3. Alquran dan Syafa’at. Dari Abu Umamah al-Bahili r.a., Rasulullah Saw., bersabda untuk membaca Alquran, karena kelak di Hari Kiamat, Alquran akan menjadi syafaat bagi mereka yang membacanya;

4. Alquran Menenangkan Hati. Dengan membaca Alquran secara rutin, kita akan mendapatkan iman dan keyakinan yang menuntun pada ketenangan dalam hati.

Masih ada banyak keutamaan yang bisa kita peroleh dari membaca serta mengkaji Al Quran secara teratur.