Tahsin Al Quran, untuk Kesempurnaan Membaca Al Quran

Bagaimanakah Tahsinul Quran Yang Baik

Membaca Al Quran haruslah sungguh-sungguh. Membaca Al Quran adalah salah satu Ibadah wajib yang tentu saja harus dilakukan oleh setiap umat Muslim. Oleh karena itu menjadi wajib bagi umat muslim untuk membaca Al Quran dan juga mempelajarinya sehingga dapat mengamalkan apa yang tertera di dalam Al Quran ke dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam membaca kitab Allah ini, tentu saja tidak bisa sembarangan. Saat membaca Al Quran seorang muslim tentu juga harus diikuti dengan menerapkan ilmu-ilmu membaca Al Quran. Ada ilmu tersendiri untuk dapat membaca Al Quran secara baik dan benar. Mempelajari Ilmu tahsin Al Quran menjadi perlu di sela-sela belajar membaca Al Quran, karena Al Quran adalah kitab suci yang harus dibaca dan dipelajari secara baik dan benar.

Makna Tahsinul Qur’an

Tahsin Al Quran dapat diartikan sebagai membaguskan, yaitu membuat bagus di dalam membaca Al Quran. Apa tujuan dari tahsin Al Quran? Tujuan dari mempelajari Tahsin sendiri yaitu supaya bisa membaca Al Quran dengan betul dan juga fasih sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari mempelajari tahsin juga dapat dikatakan sebagai upaya untuk menjaga lisan agar tidak melakukan kesalahan saat membaca Al Quran.

Apa hukum dari mempelajari tahsin Al Quran?  Hukum dari belajar Ilmu tahsin sebagai salah satu dari disiplin Ilmu yaitu fadhu kifayah.  Ini mengartikan bahwa mempelajari ilmu Tahsin secara lebih mendalam tidaklah diharuskan bagi setiap umat muslim. Mempelajari Ilmu tahsin secara lebih mendalam dapat diwakilkan oleh beberapa  orang saja. Namun bila pada sebuah kaum, sama sekali tidak ada yang mempelajari Ilmu Tahsin, maka menjadi berdosalah para kaum tersebut.

Hukum dan Manfaat Tahsin

Sedangkan hukum tahsin di dalam membaca Al Quran adalah Fardhu ain. Dengan kata lain membaca Al Quran dengan memakai aturan-aturan tahsin adalah menjadi wajib bagi setiap umat muslim, atau bisa dikatakan sebagai kewajiban pribadi. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa menggunakan ilmu tahsin saat membaca Al Quran adalah wajib di dalam membaca Al Quran. Bila seorang muslim tidak menerapkan aturan-aturan tahsin saat dia sedang membaca Al Quran, maka menjadi dosalah dia.

Apa manfaat dari Tahsin Al Quran? Manfaat dari menerapkan tahsin saat membaca Al Quran antara lain kita dapat melakukan perenungan di saat membaca Al Quran. Hanya dengan pembacaan Al Quran secara baik dan juga benarlah, maka Quran dapat diresapi dan juga dipahami oleh pembacanya. Pembacaan Al Quran yang kurang baik dan juga sembarangan, maka justru akan mengurangi keindahan dan juga makna yang terkandung di dalam ayat yang sedang dibaca. Oleh karena itu, menjadi sangat perlu untuk mempelajari Ilmu Tahsin Al Quran agar dapat membaca Al Quran dengan baik dan meresapi setiap makna yang terkandung di dalamnya.