Memotivasi Belajar Ngaji Iqro Untuk Anak-anak

Dounload Vidio Ngaji Anak Anak Download Mp3 Belajar Mengaji Anak Anak Download Video Belajar Mengaji Anak-anak

Belajar ngaji iqro bagi anak-anak muslim menjadi salah satu dasar agar mereka bisa dengan mudah mempelajari Al Quran. Bagi anak usia dini, belajar iqro menjadi sebuah kegiatan baru iang menyenangkan. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan teman-temannya.

Namun ada masanya anak-anak akan menjadi jenuh dan malas untuk mengaji. Biasanya hal tersebut akan terlihat ketika anak sudah mulai bejar iqro tingkat 2 atau 3. Dimana materi pada tingkatan tersebut semakin susah dan terkadang selalu diulang-ulang. Itulah yang membuat anak-anak menjadi bosan dan malas. Lalu, apakah dibiarkan begitu saja ? Tentu tidak. Fase dimana mereka malas dan bosan adalah hal yang biasa terjadi pada usia mereka.

Namun bukan berarti hal itu dimaklumi begitu saja. Karena jika dibiarkan proses belajar ngaji iqro mereka bisa terhambat atau bahkan terhenti. Sayang jika sudah memiliki dasar namun tidak dilanjutkan, karena lama-lama dasar tersebut akan terlupakan jika tidak dilatih atau diupgrade ilmunya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba dalam mendorong anak semangat belajar ngaji iqro,

  • Membuat suasana belajar yang nyaman

Suasana belajar akan berpengaruh pada mood anak dalam belajar juga. Jika anak belajar mengaji di TPA maka sebaiknya pilih TPA yang memiliki suasana kelas yang mendukung dunia anak. Artinya yang bisa membuat anak-anak betah disana. Jika menggunakan jasa guru privat atau mengajar sendiri di rumah, maka pilih area rumah yang tenang dan mendukung proses belajar. Seperti di kamar atau di halaman belakang yang sejuk .

  • Ikut sertakan teman

Beberapa anak memiliki mood belajar yang bagus jika memiliki teman di sampingnya. Pilih TPA dimana anak bisa sekelas dengan teman yang akrab dengannya. Selain untuk membuat anak agar tidak merasa asing, teman anak juga bisa menjadi pemicu sifat kompetisinya. Ketika si teman mendapat pujian karena bacaannya bagus, anak akan ikut terpacu untuk bisa mendapatkan pujian juga.

  • Berikan motivasi berupa pujian

Setiap anak pasti akan merasa senang jika menjadi kebanggaan orang tuanya, sekecil apapun anak dapat merasakan kebanggaan tersebut. Nah, jangan pelit untuk memberikan pujian pada setiap keberhasilan mengaji iqro, seremeh apapun keberhasilan tersebut. Karena pujian akan membuatnya semakin bersemangat belajar ngaji iqro.

  • Berikan reward

Bukan hanya pujian, reward juga bisa menjadi cara bagus untuk mengembalikan semangat anak belajar iqro. Tidak perlu reward yang muluk-muluk, hadiah kecil berupa makanan kesukaannya atau buku favoritnya sudah bisa membuat anak bersemangat belajar. Semakin susah tingkatan belajar anak, maka semakin besar pula reward yang mereka terima. Sehingga anak tidak akan selalu mengharapkan reward hanya untuk hal-hal yang kecil.

  • Gunakan media tambahan

Seperti gambar atau huruf hijaiyah berwarna atau menggunakan aplikasi belajar iqro pada tablet. Hal ini selain membantu anak dalam berlatih, juga meminimalisir kebosanan mereka ketika belajar ngaji iqro.