Bacaan Al-Quran Untuk Ibu Hamil

Bacaan Al Quran Untuk Ibu Hamil Mp3 Download Ayat Al Quran Untuk Ibu Hamil Mp3 Bacaan Alquran Untuk Ibu Hamil Download Ayat Al Quran Untuk Bayi Dalam Kandungan Surat Alquran Untuk Ibu Hamil

Bacaan Al Quran untuk ibu hamil sangat disarankan, bukan hanya sebagai penambah pahala, namun dampak bacaan Al Quran juga sangat baik bagi pertumbuhan janin. Ada sebuah kepercayaan bahwa ketika hamil, sang ibu sangat disarankan untuk banyak membaca terutama surat Maryam dan Surat Yusuf.

Kedua surat tersebut ada di dalam Al Quran dan banyak menceritakan tentang sosok Maryam dan Yusuf. Maryam adalah sosok wanita yang solehah dan taat beribadah. Kemudian Allah SWT meniupkan ruh dalam rahimnya sehingga Maryam pun mengandung, padahal ia sendiri belum bersuami. Namun disinilah letak kesolehan Maryam yang begitu sabar dan tabah menghadapi ujian dan cobaan tersebut.

Sedangkan Yusuf merupakan sosok salah seorang nabi yang berparas tampan, cerdas dan tentu saja soleh. Meski digoda oleh Zulaikha, ia tetap bergeming dan tidak jatuh pada perbuatan zina. Nah, karena surat Al Quran yang menceritakan betapa soleh dan solehahnya kedua sosok itulah yang membuat para Ibu hamil rajin membaca kedua surat tersebut.

Jika calon bayi mereka laki-laki diharapkan akan memiliki ketampanan serta kesolehan seperti nabi Yusuf. Dan jika calon bayinya perempuan, diharapkan bisa menjadi wanita yang mampu menjaga kehormatan dan kesalehannya kelak. Selain itu surat Maryam ini juga dipercaya mampu membantu kelancaran dalam proses bersalin. Namun benarkah kepercayaan tersebut ?

Benarkah Bacaan Qur’an Surat Yusuf dan Maryam Perlu Dibaca Ibu Hamil?

Pada dasarnya tidak ada dalil umum yang menyatakan hal seperti itu. Jadi tidak dapat dipastikan bahwa dengan membaca surat Yusuf dan Maryam akan membuat anak yang dilahirkan kelak menjadi tampan, cantik atau cerdas. Tidak ada dalil yang mendasari pernyataan tersebut, sehingga sebaiknya tidak mempercayai keyakinan tersebut. Karena berkata tentang agama Allah SWT tentang hal yang tidak diketahui adalah tercela.

Tidak hanya dua surat tersebut yang dinilai baik, namun keseluruhan surat Al Quran adalah baik dibaca, penuh berkah dan berpahala. Tapi hal tersebut tidak berarti bahwa segala permasalahan disandarkan pada Al quran sesuai dengan persepsi manusia. Karena sesungguhnya yang memutuskan rupa dan bagaimana bayi akan lahir adalah hak prerogatif Allah SWT, seperti firmanNya berikut,

“Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak ada Tuhan (yang berhak di sembah) melainkan Dia, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. “ [Q.S Al Imran 6]

Ayat tersebut ditafsirkan oleh Imam Qhurtubi rahimahullah sebagai berikut :

“Allahlah yang menciptakan jelek atau tampan, hitam atau putih, tinggi atau pendek, sempurna atau cacat dan lain sebagainya”

Meskipun begitu sangat dianjurkan sekali untuk rajin membaca Al Quran selama kehamilan. Hal ini berkaiatan dengan penelitian kedokteran tentang pengaruh suara dari luar terhadap perkembangan janin. Dengan mendengar bacaan Al Quran maka diharapkan mendapat keberkahan dan kebaikan akan memberikan pengaruh pada janin, tidak hanya selama dalam kandungan tapi juga kelak sampai mereka tumbuh dewasa.

Surat Alquran Yang Dibaca Saat Hamil Download Ayat Al Quran Untuk Ibu Hamil Surat Untuk Ibu Hamil Ayat Alquran Untuk Ibu Hamil Bacaan Surat Untuk Ibu Hamil

2 Responses

  1. ahmad says:

    memperdengarkan ayat-ayat Allah sejak anak masih di dalam kandungan memang sesuatu yang bagus dan sangat dianjurkan. selain beberapa tujuan yang telah disebutkan diatas, memperdengarkan al-Qur’an kepada bayi juga akan meningkatkan kecerdasan bayi dan yang paling penting akan membuat bayi mengenal agamanya sedini mungkin, karena indra bayi yang di dalam kandungan sudah aktif meskipun masih lemah.

  2. ahmad says:

    memperdengarkan ayat-ayat Allah sejak anak masih di dalam kandungan memang sesuatu yang bagus dan sangat dianjurkan. selain beberapa tujuan yang telah disebutkan diatas, memperdengarkan al-Qur’an kepada bayi juga akan meningkatkan kecerdasan bayi dan yang paling penting akan membuat bayi mengenal agamanya sedini mungkin, karena indra bayi yang di dalam kandungan sudah aktif meskipun masih lemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *