Cara membaca Al Quran Bagi Pemula

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam. Sebagai umat Islam yang taat, seorang Muslim diwajibkan untuk membaca dan juga mempelajari kandungan yang terdapat di dalam Kitab Al Quran. Namun bagi beberapa orang yang ingin belajar Al Quran, pasti akan merasa kesulitan mempelajari Al Quran, karena Al Quran sendiri ditulis dengan bahasa Arab. Bagi para pemula, ada beberapa langkah mudah cara membaca Al Quran.

1. Luangkan Waktu

Langkah pertama cara membaca Al Quran yaitu dengan mempunyai komitmen untuk belajar. Luangkan waktu untuk membaca Al Quran. Bila kita benar-benar ingin belajar membaca Al Quran dari awal, maka kita harus mempunyai niat untuk belajar. Dari 24 jam waktu yang ada, berikanlah waktu khusus yang dikhususkan untuk belajar membaca Al Quran. Berikanlah waktu 1 jam atau 2 jam khusus untuk belajar membaca Al Quran. Dengan meluangkan waktu khusus tersebut dan bila dilakukan secara konsisten, maka belajar membaca Al Quran akan dirasa menjadi lebih mudah. Al Quran akan mudah dipelajari.

2. Belajar pada Guru mengaji

Untuk belajar hal lain, mungkin bisa dilakukan secara otodidak, dengan memahami dan mencari sendiri. Namun beda halnya dengan membaca Al Quran. Belajar Al Quran tidak bisa sendiri, cara membaca Quran mempunyai hukum sendiri. Bila belajar membaca Al Quran sendiri, dikhawatirkan terdapat hukum-hukum bacaan yang akan salah. Untuk belajar membaca Al Quran, belajarlah pada guru mengaji. Dengan belajar didampingi guru mengaji, maka guru mengaji dapat mengajarkan cara membaca Al Quran yang benar. Dengan adanya guru mengaji, sang guru juga nantinya akan membetulkan bila ada kesalahan dalam membaca.

3. Mulai Dari Belajar membaca huruf Hijaiyah

Ketika pertama kali membaca Al Quran, maka hal pertama yang dipelajari yaitu belajar huruf hijaiyah. Huruf Hijaiyah merupakan huruf dasar di dalam ayat-ayat al Quran, huruf  hijaiyah seperti huruf abjad jika dalam bahasa Indonesia. Huruf Hijaiyah sendiri berjumlah 28 huruf. Untuk dapat membaca sebuah ayat Al Quran secara utuh, maka seseorang tentu saja harus menghafal dan mengerti huruf hijaiyah terlebih dahulu. Untuk belajar membaca huruf hijaiyah, anda bisa belajar menggunakan buku Iqro terlebih dahulu. Buku Iqro merupakan dasar dalam belajar membaca Al Quran. Buku Iqra sendiri terbagi ke dalam 6 tingkatan, yaitu Iqro 1 sampai Iqro 6.

4. Mengenali teknik membaca Al Quran

Langkah selanjutnya dalam belajar cara membaca Al Quran yaitu mempelajari cara membaca Al Quran. Ada beberapa teknik membaca Al Quran, seperti Idgham, QalQallah, dan lainnya. Untuk dapat membaca Al Quran dengan baik dan dengan fasih, maka mempelajari beragam teknik membaca Al Quran itu adalah wajib hukumnya.