6 Langkah Belajar Qur’an Untuk Pemula

Belajar Murottal Untuk Pemula Belajar Murottal Bagi Pemula Download Murottal Untuk Pemula Mininal Belajar Ngaji Sampai Alquran Murotal Dengan Bacaan Lambat Untuk Pemula

Belajar qur’an dan membaca quran memang dirasa sulit bagi sebagian orang. Alasannya selain tulisannya yang sulit untuk dimengerti, juga karena beberapa aturan dalam teknik membacanya juga yang mungkin tergolong rumit untuk sebagian orang. Sebenarnya untuk belajar qur’an sendiri tidak terlalu rumit asalkan Anda mengerti bagaimana caranya. Berikut ini adalah beberapa langkah belajar qur’an untuk Anda para pemula :

1. Meluangkan waktu

Untuk dapat belajar membaca qur’an yang pertama Anda tentu harID meluangkan sedikit waktu untuk membacanya. Jika Anda masih merasa kesulitan. Anda dapat menjadwal ulang seluruh kegiatan Anda dan meluangkan waktu minimal ½ jam atau selama 1 jam untuk belajar membaca qur’an.

2. Mencari guru ngaji

Setelah meluangkan waktu, berikutnya adalah mencari guru untuk mengajar ngaji. Anda dapat meminta bantuan pada siapa saja yang dinilai pandai dalam membaca qur’an, hal ini termasuk, saudara, teman, orang tua, atau jika memang tidak ada, Anda dapat memanggil seorang guru ngaji dari masjid terdekat.

Sebelumnya Andas perlu mencocokkan jadwal belajar mengaji Anda dengan jadwal guru tersebut. Usahakan dapat bertemu minimal ½ jam atau 1 jam setiap hari, sebagai sarana berlatih agar Anda mudah paham dan dapat membaca qur’an dengan baik.

3. Menghafal huruf hijaiyah dengan baik

Setelah memdapatkan seorang guru mengaji, berikutnya Anda perlu mempersiapkan qur’an atau minimal Iqra, untuk mulai memahami berbagai macam huruf yang ada di dalam qur’an itu sendiri. Huruf-huruf yang ada di dalam Qur’an disebut dengan huruf Hijaiyah. Ada sekitar 28 macam huruf yang dapat Anda hafalkan dan pahami. Setiap huruf mempunyai teknik membaca yang berbeda-beda. Apabila Anda mampu menghafal huruf-huruf tersebut, maka Anda akan lebih mudah memaca dalam rangaian kata kelak.

4. Memahami tanda baca

Berikutnya yang harID Anda mengerti adalah cara membaca menggunakan tanda baca. Ada beberapa tanda baca yang sering digunakan ketika membaca qur’an seperti fathah, dhommah, kasrah, sukun, dll.  Teknik membaca ini yang akan menentukan cara membaca huruf tersebut, teknik ini lebih mirip teknik membaca huruf vocal jika dalam bahasa latin.

5. Memahami teknik membaca

Apabila hal-hal yang telah disebutkan di atas telah Anda pahami dan dapat dilakukan dengan baik, berikutnya dalah mempelajari berbagai teknik membaca yang ada di dalam qur’an, ini sendiri seperti tata bahasa atau grammar di dalam sebuah bahasa.

Adapun teknik membaca yang ada di dalam qur’an ini seperti tajwid, idgham, Qolqolah, dan berbagai aturan lainnya. Hal ini, harID Anda perhatikan dengan baik. Karena salah bacaan akan berbeda artinya.

6. Mempraktikannya !

Yang harID Anda lakukan terakhir kali dalam belajar qur’an adalah dengan mempraktikkan hasil latihan Anda tersebut. Untuk tahap awal, pasti sedikit sulit, namun dengan latihan yang rutin, maka lambat laun Anda dapat membacanya  dengan baik dan benar.

Murottal Bagi Pemula Tahap Tahap Belajar Murattal