Tips Belajar Mengaji untuk Anak

Video Belajar Mengaji Download Video Anak Mengaji Belajar Mengaji Anak Video Belajar Ngaji Vidio Anak Ngaji

Pendidikan agama merupakan hal penting yang akan menjadi dasar seseorang untuk menjalani kehidupannya. Sebagai seorang muslim tentu menjadi sebuah keharusan untuk belajar dan mendalami islam termasuk mempelajari Al-Quran yaitu salah satunya dengan mengaji. Sebagai orang tua kita seharusnya menanamkan pemahaman pada anak bahwa mengaji bukan hanya rutinitas saja tetapi juga kebutuhan mereka. Sehingga kita harus membuat hati mereka terpaut dengan Al-Quran sedini mungkin.

Mengajari anak mengaji sejak dini akan membuat mereka lebih mudah menjalankannya ketika beranjak dewasa. Hal ini karena banyak sekali orang tua yang kesulitan untuk membuat anaknya rajin mengaji karena mereka memang tidak dibiasakan dari kecil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk belajar mengaji anak.

Prinsip dalam belajar mengaji

Mengajarkan prinsip dalam mengaji sebenarnya sudah bisa dilakukan ketika anak masih ada di dalam kandungan. Seperti misalnya sang ibu lebih sering membaca Al-Quran selama hamil atau memperdengarkan murratal pada si jabang bayi. Dengan begitu, anak sudah terbiasa dengan lantunan ayat-ayat Al-Quran.  Hal penting yang harus anda perhatikan ketika anda mengajarkan anak-anak untuk mengaji adalah anda tak boleh memaksa anak anda untuk melakukannya.

Daripada memaksa anak, lebih baik anda menanamkan pemahaman tentang pentingnya mengaji pada anak sehingga mereka akan sadar dan melakukannya tanpa disuruh ketika waktu mengai sudah tiba. Yang pasti karena yang diajarkan mengaji adalah anak-anak, maka anda anda harus membuat suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak memiliki kesan yang baik saat mengaji dan menemukan kenyamanan di dalamnya. Dengan begitu, bukan tak mungkin anak akan menunggu datangnya waktu mengaji yang selanjutnya.

Selain itu, mulailah dengan bagian yang paling mudah baru ketika anak sudah menguasainya anda bisa meningkatkan level kesulitannya. Misalnya, anda bisa memulai dengan iqra’, juz amma, kemudian baru Al-Quran. Yang tak kalah penting, anak merupakan peniru terbaik. Jadi, anda sebagai orang tua harus memberi contoh kepada mereka. Jika anda ingin anak anda rajin mengaji maka anda pun harus rajin mengaji dan jangan lupa untuk terus memotivasi mereka agar semangat dalam mengaji.

Waktu mengaji untuk anak

Ada beberapa waktu efektif yang bisa digunakan untuk belajar mengaji anak. Jika anda mengajarkan sendiri anak sendiri untuk mengaji di rumah, maka waktu setelah sholat menjadi salah satu waktu yang baik untuk belajar mengaji terutama sehabis sholat shubuh dan sholat maghrib.

Selain itu, sore hari juga bisa menjadi waktu yang tepat. Misalnya saja dengan mengikutkan anak anda untuk belajar mengaji di TPQ atau TPA yang biasanya berlangsung pada sore hari. Sebenarnya anda bisa mengajarkan mengaji kapan saja selama mereka tidak sedang lelah atau  mengantuk karena ini bisa mempengaruhi semangat mereka.

Vidio Belajar Mengaji Video Anak Mengaji Video Anak Ngaji Anak Mengaji Download Video Belajar Mengaji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *