Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Memaknai Tilawah Al-Qur’an

Secara kata, tilawah memiliki arti membaca atau bacaan, sedangkan menurut istilah tilawah adalah membaca Al-Qur’an sehingga dikenal dengan Tilawah Qur’an atau Tilawah Al-Qur’an. Lebih jelasnya lagi, istilah ini adalah membaca Al-Qur’an dengan menampakkan huruf-huruf serta melafadzkannya dengan hati-hati. Hal ini dilakukan untuk memahami makna-makna yang terkandung dalam ayat-ayat suci tersebut.

Di dalam tialawah Al-Qur’an juga dikenal Tahsin Tilawah yang berarti usaha dalam memperbaiki atau membaguskan, mengindahkan bacaan Al-Qur’an agar menjadi lebih baik dan benar. Hal ini merupakan realisasi dari firman Alloh SWT dalam surat Al Muzzammil yang mengatakan bahwa; ““…Dan bacalah (olehmu) Al Qur’an dengan tartil (yang sebenar-benarnya).” [Al Muzzammil:4].

Sehingga ayat di atas telah dengan jelas memerintahkan umat muslim untuk membaca Al-Qur’an dengan sebenar-benarnya, bukan hanya sekedar membaca yang kemudian menjadi asal-asalan. Oleh karena itu, umat muslim juga dituntut untuk lebih memperdalam dalam mempelajari membaca Al-Qur’an dan selebihnya juga mengkaji terjemahan dari setiap ayatnya.

Macam atau jenis-jenis dari tilawah Al-Qur’an

Tilawah Al-Qur’an terbagi menjadi dua bagian, yaitu;

  1. Tilawah Lafdhihi yang artinya membaca Al-Qur’an dengan lafadz-lafadznya atau dari segi lafadznya. Tahapan ini sebaiknya dilakukan pada anak-anak ataupun pemula yang baru mengenal Islam, misalnya para mualaf. Karena jenis tilawah ini untuk mengetahui makharijul huruf, yaitu tempat keluarnya huruf melalui lisan. Juga untuk mempelajari hukum-hukum dari tajwid yang nantinya untuk memperbaiki tilawah Al-Qur’an.

  2. Tilawah Hukmihi yaitu membaca Al-Qur’an dari segi-segi hukumnya. Dengan kata lain, tilawah jenis ini adalah untuk menelaah kandungan dari isi Al-Qur’an tersebut. Sehingga juga mengetahui hukum-hukum yang telah Alloh SWT., tetapkan agar dapat menjalankan perintah dan menjauhi larangannya. Inilah tujuan utama dari diturunkannya Al-Qur’an.

Hal lainnya dari tilawah quran yaitu mendapatkan hikmah, diantaranya adalah sarana dalam memahami Al-Qur’an agar dapat meyakini berita atau kabar-kabar dan juga mengamalkan kandungan isi dari Al-Qur’an tersebut. Keyakinan akan kandungan isi Al-Qur’an  bukan hanya memberikan ilmu, tetapi juga memberikan kebahagiaan serta keselamatan bagi yang melakukannya.

Oleh karena itu, memperhatikan adab dalam membaca Al-Qur’an serta menetapkan tujuan saat membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi umat muslim. Karena sesungguhnya, Al-Qur’an adalah tali Alloh SWT yang membuat manusia untuk selalu ada di jalan kebenaran-Nya, yaitu jalan yang lurus, dan juga merupakan dzikir yang memberikan keberkahan dan juga cahaya yang terang. Sehingga diwajibkan dalam mengagungkan dan memuliakannya, salah satunya yaitu dengan melakukan tilawah Al-Qur’an.

Kesimpulannya, tilawah quran ada agar saat seseorang akan membaca Al-Qur’an jangan dilakukan dengan main-main melainkan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar makna yang dibaca tidak sampai salah.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Arti Tilawah Apa Itu Tilawah Pengertian Tilawah Tilawah Artinya Apa Arti Tilawah