5 Manfaat Baca Al Quran untuk Fisik dan Mental

Manfaat Membaca Al Quran Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan Fisik Manfaat Membaca Al Quran Secara Fisik Baca Surat Alquran Untuk Waktu Luang Manfaat Membaca Al Quran Untuk Kesehatan Fisik

Kegiatan baca Al Quran bukan hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain mendapatkan pahala, ternyata ada banyak manfaat yang diperoleh dari ayat-ayat kitab suci tersebut. Faedah tadi bahkan dapat kita rasakan baik secara fisik maupun mental. Sehingga rasanya rugi kalau kita terus menunda membaca Alquran, sebab manfaat-manfaat di bawah ini akan sangat mempengaruhi kualitas hidup kita.

  1. Tidak Mudah Stres

Bagi kita yang mudah stres dan mencari cara untuk menenangkan diri secara cepat, maka baca Alquran. Mengapa demikian? Sebab membaca ayat-ayat suci tadi dapat memberi pengaruh terhadap pikiran yang kemudian akan memberi rasa tenang pada hati. Semakin sering dan rutin kita membaca Alquran, maka kita pun akan terhindar dari tekanan dan stres.

  1. Sanggup Mengontrol Emosi

Bukan cuma mengontrol stres berkepanjangan, membaca Alquran pun bisa meningkatkan kemampuan kita untuk mengendalikan emosi. Sebab rasa tenang yang hadir dalam hati dan pikiran akan membuat pembacanya lebih sabar dalam menghadapi sebuah masalah. Sehingga kita tidak mudah terpancing saat terlibat dalam debat atau obrolan yang memicu perselisihan panjang.

  1. Terhindar dari Penyakit

Seperti yang telah disebutkan, rutin membaca Alquran pun akan memberi dampak pada kondisi fisik kita. Salah satunya dapat mencegah beberapa penyakit serius seperti stroke, tekanan darah tinggi, migrain, hingga membuang racun dari pembuluh darah. Maka, kalau kita ingin terus sehat, baca Al Quran secara rutin atau luangkan waktu untuk mendengarkan murottal-nya.

  1. Merasakan Kebahagiaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan membaca Alquran, kadar dopamin atau disebut juga  hormon kebahagiaan akan ikut meningkat. Melantunkan ayat-ayat suci tadi akan menstimulasi hormon yang berada di otak tersebut. Jadi sebenarnya, untuk mencari kebahagiaan secara mudah dalam hidup, kita hanya perlu membaca Alquran secara teratur.

  1. Kepribadian yang Lebih Baik

Berkaitan dengan poin sebelumnya, mempunyai kehidupan yang lebih bahagia pun akan mengantarkan kita pada kepribadian yang lebih baik. Membaca Alquran dapat mengubah karakter hingga cara berpikir para pembacanya. Selain itu, kita juga akan lebih peka terhadap lingkungan dan tidak selalu memikirkan kepentingan diri sendiri berkat Alquran.

  1. Panjang Umur

Seperti yang kita tahu, jatah usia seseorang memang sudah ditentukan Allah Swt. Namun, tak ada yang salah dengan mengharapkan umur yang panjang. Salah satu cara paling mudah adalah membaca ayat-ayat suci di dalam Alquran. Sebab, rasa tenang yang muncul dari kegiatan tersebut meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kita dari stres hingga depresi.

Masih ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari Alquran. Namun pastikan kita juga punya niat untuk meraih rida Allah Swt. saat akan baca Al Quran.

Surat Alquran Untuk Mental