Mengenal 5 Hukum Bacaan Al Quran

5 Hukum Bacaan Alqutan Lima Hukum Baca Al-quran Humum Baca Alquran Dengung Hukum2 Bacaan Alqulan Hukum Bacaan Idgham Bilaghunnah Dalam Al Quran

Mengetahui hukum bacaan Al Quran adalah keharusan bagi seorang hafiz. Tidak hanya bagi hafiz saja, namun semua orang yang ingin membaca Al Quran harus tahu mengenai hukum bacaan ini. Hal ini penting dalam rangka membuat bagus dan memperindah bacaan Al Quran. Sehingga Anda tidak hanya mampu menghafal saja namun juga mampu melafalkannya dengan sempurna. Berikut ini salah satu hukum bacaan Al Quran, nun mati atau tanwin yang harus Anda ketahui:

Izhar

Hukum bacaan izhar dalam Al Quran , jika nun mati atau tanwin bertemu dengan 6 huruf izhar. Keenam huruf tersebut antara lain alif atau hamzah, ha, kha, ‘ain, ghain dan ha. Jika mendapati hukum izhar dalam Al Quran, maka Anda harus membacanya dengan jelas. Bacaan jelas yang dimaksud, nun mati atau tanwin yang ketemu ke 6 huruf izhar harus dibaca jelas sama mengikuti huruf izhar setelah nun mati atau tanwin. Lebih baik jika hukum bacaan Al Quran ini dipelajari melalui guru yang mumpuni sehingga lebih jelas dan lengkap.

Idgham Bighunnah

Selain izhar, hukum bacaan Al Quran lainnya adalah idgham bighunnah. Secara harfiah idgham bighunnah ini berarti dilebur atau disertai dengan dengung. Jika Anda mendapati nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf idgham bighunnah yakni ya, nun, mim, wa, maka dibaca dengan dilebur atau mendengung. Sehingga saat nun mati atau tanwin bertemu ke 4 huruf idhgam bighunnah, Anda wajib mendengungkannya sebelum membaca huruf selanjutnya.

Idgham Bilaghunnah

Berbeda dengan bacaan idgham bighunnah, untuk membaca bacaan dengan hukum idgham bilaghunnah justru sebaliknya harus dibaca jelas tanpa leburan atau dengungan. Anda harus membacanya jelas tanpa mendengung mengikuti huruf yang ada di depannya. Huruf idgham bilaghunnah sendiri terdiri dari dua jenis huruf yakni lam dan ra. Jika Anda menemukan nun mati atau tanwin bertemu lam atau ra, maka harus dibaca jelas tanpa mendengung mengikuti huruf selanjutnya.

Iqlab

Hukum bacaan Al Quran lainnya adalah iqlab. Bacaan Al Quran dihukumi sebagai iqlab jika Anda mendapati nun mati atau tanwin bertemu huruf iqlab yakni ba. Jika Anda melihat bacaan Al Quran yang diberi hukum iqlab, maka cara membacanya adalah dengan mengubah bunyinya menjadi mim. Dibutuhkan banyak latihan sehingga hukum-hukum bacaan Al Quran ini tidak hanya dimengerti namun juga dipraktikkan langsung selama Anda membaca Al Quran. Semakin sering Anda mempraktikkannya maka semakin terbiasa pula dengan hukum-hukum bacaan Al Quran.

Ikhfa’

Hukum bacaan Al Quran nun mati atau tanwin yang terkahir adalah ikhfa’. Jika Anda menemukan nun mati atau tanwin bertemu dengan 13 huruf ikhfa’, maka hukum bacaannya harus dibaca samar. Huruf-huruf tersebut antara lain ta, tsa, jim, dal, dzal, za, sin, syin, shad, dhad, fa, qaf dan juga kaf. Mengerti secara teori mengenai hukum-hukum bacaan ini memang cukup sulit dilakukan. Lebih baik jika hukum-hukum bacaan Al Quran ini dipelajari dan diaplikasikan langsung sehingga lebih mudah dilakukan selama Anda membaca Al Quran.

Hukum Bacaan Dalam Alquran Hukum Bacaan Al Quran Hukum Bacaan  Dlm Alquran Huk Bacaan Al Quran Dalam Quran Mem Ketemu Apa Aja Bunyi Dengung