Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Menggunakan Metode Ustadz Yusuf Mansur

Download Cara Hafalan Qur,an. Ustad

Apapun metode yang Anda gunakan sebagai cara menghafal alquran dengan cepat, tidak akan berarti tanpa mengetahui prinsip dari menghafal Al Quran itu sendiri. Sangat penting untuk menyadari bahwa menghafal Al Quran bukanlah beban melainkan sebuah keasyikan berlama-lama dengan ayat-ayat yang Allah SWT turunkan. Sehingga saat mulai menghafal Al Quran, meluruskan niat dan memulainya dengan doa adalah keharusan. Selain itu Anda juga dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk lebih mudah menghafal ayat-ayat Al Quran:

Jangan berganti-ganti mushaf

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa mushaf Al Quran sangatlah banyak. Masing-masing penerbit bahkan membuat mushaf yang berbeda pula. Bagi seorang penghafal Al Quran, keberadaan mushaf ini sangat penting dalam menunjang hafalannya. Melalui mushaf Al Quran inilah seorang hafidz atau penghafal memulai hafalannya ayat demi ayat. Sehingga sebelum menghafal pastikan untuk memilih mushaf Al Quran terbaik yang menurut Anda mudah dibaca.

Mushaf Al Quran ini nantinya haruslah Anda gunakan selama menghafal Al Quran. Jangan berganti-ganti mushaf sebelum Anda mampu menghafal semua ayat-ayat Al Quran yang ada di dalamnya. Hal ini karena mushaf yang Anda pakai tersebut bukan hanya sebagai panduan saja. Namun juga seperti gambar yang Anda tempatkan dalam memori. Dengan mushaf yang sama, hafalan Al Quran yang Anda lakukan semakin mudah dijalani.

Mengulang satu ayat sebanyak 20 kali

Kemampuan menghafal masing-masing orang berbeda-beda. Pada awalnya bisa jadi seorang calon  hafidz mampu menghafal hingga 5 ayat dalam satu hari. Sementara calon hafidz lainnya justru hanya mampu menghafal 1 ayat satu hari. Dengan kemampuan mengingat yang berbeda-beda, Anda tidak perlu rendah diri atau takut karena hanya mampu menghafal sedikit ayat. Sejatinya semakin lama Anda menghafal, semakin lama waktu Anda bercengkerama dengan Al Quran.

Mengingat kemampuan menghafal seorang bisa berbeda dengan seorang lainnya, maka ulangi setiap ayat yang Anda hafalkan sebanyak 20 kali. Pengulangan ini dilakukan dalam rangka membuat hafalan semakin kuat. Sehingga Anda bisa mengingat 1 ayat dengan sempurna dan tidak mudah lupa. Pengulangan inipun sejatinya juga telah dijaminkan oleh Allah SWT. Bahwa siapa saja yang berulang kali membaca Al Quran, maka semakin lancar dan mudah pula bacaannya.

Pisahkan menjadi penggalan jika panjang

Ayat-ayat Al Quran sendiri diturunkan dengan cara bertahap. Sehingga Anda akan mendapati ayat-ayat Al Quran sangat bervariasi, tidak hanya ayat-ayat pendek namun Anda juga akan menemui ayat-ayat Al Quran yang sangat panjang. Bagi penghafal tentu tidak sulit untuk menghafal ayat-ayat pendek. Namun ayat-ayat panjang ini lebih sering memberikan kesulitan tersendiri bagi para penghafal Al Quran.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat ayat-ayat Al Quran yang panjang menjadi penggalan-penggalan yang tepat. Tentunya penggalan ini harus dilakukan dengan tepat. Selain itu penggalan harus dibuat sesuai dengan kemampuan Anda, sehingga akan lebih mudah. Setiap penggalan harus diulang-ulang hingga 20 kali, setelah penggalan tersusun lengkap, kembali ulangi hingga 20 kali sampai hafal. Cara menghafal alquran dengan cepat seperti ini lebih mudah dan cepat hafal.