Tartil Qur’an: Memahami Bacaan Al Quran Secara Tartil Sebagai Pedoman Hidup

Apakah Tartil Itu Dan Ciri Cirinya Bacaan Huruf Yg Tartil Ciri Ciri Tartil Definisi Tartil Menurut Ali Bin Abi Thalib Download Video Membaca Quran Secara Tartil

Jika umat muslim ingin memiliki petunjuk dalam menjalani kehidupannya, maka bacalah Al Quran. Jika umat muslim ingin diberikan jalan terang dari gelapnya permasalahan, maka bacalah Al Quran. Namun, membaca Al Quran harus disertai dengan tartil. Dalam Al-Muzammil ayat 4 jelas diterangkan bahwa umat muslim perlu membaca Al Quran secara tartil. Dengan membaca Al Quran secara tartil, maka umat Islam akan memperoleh makna, manfaat, serta keutamaan di dalamnya.

Memahami Makna Tartil Ketika Membaca Al Quran

Umat muslim harus memahami makna dari membaca Al Quran secara tartil. Menurut sahabat Nabi Muhammad SAW, beliau adalah Ali bin Abi Thalib, memberikan penjelasan mengenai makna tartil dalam membaca setiap ayat Al Quran. Menurut Abi bin Abi Thalib tartil dimaknai sebagai membaca setiap huruf dengan tajwid dan mengerti tempat berhenti ketika membaca Al Quran. Dari makna yang disampaikan oleh sahabat Abi bin Abi Thalib, umat muslim harus paham kapan harus menyambung bacaan di dalam Al Quran dan kapan harus berhenti dalam setiap ayat yang dibaca. Makna tartil lainnya juga dijelaskan oleh Abu Ishaq. Sahabat Abu Ishaq menyampaikan makna tartil sebagai bacaan yang harus dilafalkan jelas dalam setiap huruf tersebut. Sehingga ketika umat muslim membaca Al Quran, harus jelas membaca huruf per huruf yang dilafalkan.

Manfaat Membaca Al Quran Secara Tartil

Umat muslim harus membaca Al Quran secara tartil agar memperoleh manfaat dari Allah SWT. Membaca Al Quran secara tartil, maka umat muslim dapat sedikit demi sedikit memahami arti Kalam Allah SWT. Membaca Al Quran secara tartil juga dapat menjadi bagian umat muslim yang baru belajar membaca ayat demi ayat yang ada. Manfaat lainnya adalah ketika terdapat kesalahan pada pelafalan, maka diharapkan umat muslim lain yang mendengarkan dapat turut membenahi lafal tersebut.

Memahami Keutamaan Tartil Ketika Membaca Al Quran

Keutamaan tartil ketika membaca Al Quran tersebut dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim. Bahwa umat muslim yang membaca Al Quran secara tartil dan telah pandai, maka oleh Allah SWT akan dijanjikan tempat teristimewa dengan para malaikat di surga. Membaca Al Quran secara tartil juga dapat memberikan dua pahala bagi umat muslim yang belum lancar, namun mau belajar membaca Al Quran hingga benar dan mengamalkannya. Dua pahala yang dimaksud adalah pahala belajar dan pahala ketika membaca Al Quran dengan sungguh-sungguh.

Al Quran adalah bacaan yang berdiri sebagai pedoman hidup umat muslim. Al Quran juga dapat menjadi penolong kehidupan umat manusia di dunia dan di akherat. Sehingga bacalah Al Quran secara tartil dan bacalah secara tartil agar memperoleh kebaikan yang utama di sisi Allah SWT.

Membaca Al Quran Secara Tartil Pengertian Tartil Alquran Tartil Menurut Ali Bin Abi Thalib Tartil Populer