Keutamaan Menghafal (Tahfidz) Al Quran Yang Mesti Anda Ketahui

Berikut ini beberapa keutamaan menghafal (tahfidz) Al Quran yang mesti Anda ketahui untuk menambah semangat dalam melaksanakan tujuan menghafal pedoman kehidupan manusia yaitu Al Quran demi kebahagiaan dunia dan akhirat.

Memberikan keberkahan

Seseorang yang membaca Al-Quran akan diberikan banyak keberkahan bagi yang membaca serta menghafalkannya. Sesuai hadist shohih dari Bukhori 4937, dimana orang yang membaca kemudian menghafalkan Al Quran maka dia akan bersama malaikat yang tinggi derajatnya. Jika orang yang sedang menghafal mendapatkan beban karena usaha untuk menghafalnya, ia akan mendapatkan dua pahala. Dalam hal membaca serta menghafalnya saja kita sudah dijanjikan mendapatkan pahala, bagaimana dengan kita yang mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-harinya, insyaAllah keberkahan tersebut akan terpancarkan bukan hanya dunia tetapi akhirat kelak.

Memberikan ilmu pengetahuan dunia dan akhirat

Al-Quran adalah pedoman hidup manusia, sehingga ketika kita mampu menghafalkannya secara tidak langsung Anda akan memahami apa yang dimaksud dengan aturan yang dipaparkan dalam kitab suci Al Quran. Kemudian setelah memahami, maka tugas kita adalah mengaplikasikan apa yang telah dipelajari, dengan demikian Anda sudah memperlihatkan diri sebagai muslim yang taat dan mampu mencontoh Rosul, nabi besar kita Muhammad SAW, karena nabi adalah seorang Al-Quran berjalan, dimana peraturan dari Al-Quran diaplikasikan ke dalam kehidupannya, sehingga banyak orang mengaguminya dan banyak orang akhirnya diberikan taufiq dan hidayah untuk bisa beribadah kepada Allah.

Memberikan manfaat untuk tabungan orangtua di akhirat

Banyak hadist yang memaparkan tentang orang tua yang bisa mendapatkan pahala dari anak yang soleh. Salah satunya adalah seorang anak yang menghafal Al Quran maka Allah akan memberikan sebuah mahkota untuk kedua orang tuanya, hal tersebut ada di dalam HR. Hakim dan telah dihasankan oleh Al Bani. Masih banyak sebenarnya hadist lainnya, jika kita simpulkan secara sederhana, seorang anak yang menghafal al Quran kemudian di aplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya, untuk bisa bersosialisasi seperti contohnya Rosul, kemudian tolong menolong ke sesama baik itu agama lain agar bisa memberikan gambaran bahwa Islam orang yang arif, lalu cerdas dalam memberikan strategi ekonomi, kemudian mengaplikasikan sikap mampu sukses, hal tersebut adalah ciri seorang anak yang soleh dan bermanfaat untuk umat layaknya Nabi besar kita Muhammad SAW. Maka sangatlah wajar ketika kedua orangtuanya akan ikut tersiram keberkahan dari apa yang telah dilakukan anaknya untuk umat.

Menjadi orang yang bermanfaat untuk umat

Seseorang yang tahfidz Al Quran kemudian mampu merealisasikan ke dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga orang sekelilingnya bisa nyaman dan terasa damai bersamanya, maka orang tersebut telah mampu memberikan manfaat untuk umat. Karena Rosul seorang yang disebut sebagai Al Quran berjalan memberikan contoh untuk kehidupan sehari-harinya dengan hal seperti itu.

Demikian ulasan mengenai keutamaan menghafal (tahfidz) Al-Quran, semoga Allah memberikan keberkahan kepada kita semua, di dunia maupun akhirat.