Seperti Apa Keutamaan Menghafal (Tahfidz) Al Quran?

Apakah Ilmu Tahfidz

Berikut di bawah ini beberapa keutamaan menghafal (tahfidz) Al Quran yang bisa Anda ketahui. Bersumber dari para ahli agama dan beberapa hadist shohih untuk memperkuat pembahasannya, berikut paparannya:

Dasar hukum menghafal Al-Quran

Seorang syeikh besar di Timur Tengah yang cukup dipercaya sebagai pemimpin ilmu pengetahuan Islam, mengatakan bahwa hukum menghafal Al Quran adalah Sunnah (mustahab). Namun, jika kita melihat rajih insyaAllah, hukum dari menghafal alias tahfidz Al Quran adalah termasuk ke dalam golongan fardhu kifayah, dimana ketika diantara kaum muslim ada yang mampu melakukan hafalan ayat Al Quran, maka tidak ada dosa bagi mereka (kaum muslim tersebut).

Hendaknya memimpin suatu kaum

Keutaman pertama yang mesti Anda ketahui adalah seseorang yang telah mampu menghafal (tahfidz) al Quran dengan baik dan benar, serta mampu mengamalkannya sesuai ajaran Rosulullah SAW, maka ia hendaknya memimpin suatu kaum. Sesuai dengan sabda Rosul bahwa seseorang yang aqra’ terhadap Al-Quran maka hendaknya untuk mengimani sebuah kaum. Karena, seseorang yang mampu menghafal dengan baik dan mampu mengaplikasikan al quran dalam kehidupannya, akan menjadi keberkahan dan contoh untuk para kaumnya.

Seorang tahfidz adalah manusia yang sebaik-baiknya diantara manusia

Keutamaan lainnya adalah seseorang yang mampu melakukan hafaln Al-Quran dan melaksanakan segala perintah Al Quran kepada kehidupannya, maka ia termasuk ke dalam golngan orang yang paling baik, sebaik baiknya manusia dibandingkan manusia lainnya. Hal tersebut di kuatkan dengan adanya hadist shohih dari Al Bukhari tentang sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari kitab suci Al-Quran dan mengamalkannya.

Seorang tahfidz bisa mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat

Keutamaan lainnya adalah seorang tahfidz ketika mengahafal Al Quran kemudian mampu dipergunakan dalam kehidupan sehari-harinya, maka ia akan mendapatkan kebahagiaan bukan hanya di akhirat tetapi dunia akan mudah di gapainya. Karena Rosul memperlihatkan dengan jelas kualitas kepintaran dan kecerdasannya dalam hal perekonomian yang hebat, rasa sosial yang hebat, serta berbagai macam peraturan dunia bisa diseimbangkan untuk memberikan kebaikan kepada umatnya. Dengan kita bisa menghafal Al Quran, setidaknya kita berusaha untuk menunjukkan bahwa diri kita adalah seorang hamba yang mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW. Sehingga kebahagiaan dan keberkahan InsyaAllah hadir untuk Anda di dunia maupun di akhirat kelak.

Modal utama dalam mempelajari ilmu Islam

Seseorang yang mampu menghafal Al-Quran berarti ia termasuk orang yang bisa masuk kepada tahap mendalami ilmu Islam. Karena kitab suci Al Quran adalah pedoman kehidupan manusia yang berasal dari Allah SWT dan terjamin di lindungi. Oleh karena itu, seorang tahfidz akan memiliki modal utama untuk bisa mendalami ilmu-ilmu Islam yang hebat luar biasa.

Demikian ulasan mengenai keutamaan menghafal (tahfidz) Al Quran, semoga Allah meridhoi kita sebagai tahfidz Quran.