3 Tafsir Qur’an Yang Perlu Anda Ketahui

Tafsir Tafsir Al Quran Yang Mudah Dipahami Tafsir Terbagi Menjadi 3 Al Quran Tafsir Yang Mudah Di Pahami Tafsir Al Quran Yang Mudah Di Pahami

Tafsir Qur’an sendiri adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang arti dari Qur’an itu sendiri. Penjelasan seperti ini tentunya sangat diperlukan untuk memberikan arti bagi beberapa ayat yang tidak mudah dipahami.

Kata tafsir sendiri diambil ari kata al-fusru yang artinya al-ibanah wa al-kasyf atau menjelaskan dan memberikan tentang sesuatu. Penafsiran Qur’an itu sendiri sudah dimulai sejak zaman sahabat pada nabi. Hal sepert ini dilakukan untuk lebih mengerti makna yang ada di dalam Qur’an. Hingga akhirnya tafsir Qur’an pun dibagi menjadi 3 bagian, yaitu ;

  • Tafsir bi al-Matsur

Nama Tafsir bi al-Matsur ini sendiri diambil dari kata atsar yang artinya hadits, jejak petualang atau sunnah. Diberi nama seperti demikian, karena ketika menafsirkan, seseorang tersebut melakukan penelusuran sejarah, dan melakukan penelusuran pada orang-orang yang pernah berhubungan dengan nabi. Tafsir yang satu ini dianggap yang paling baik, karena diambil berdasarkan informasi para sahabat nabi itu sendiri.

Adapun tafsir-tafsir matsur yang terkenal seperti : Tafsir Abu Laits As Samarkandy, Tafsir Ibnu Jarir, Tafsir Ad Dararul Ma’tsur fit Tafsiri bil Ma’tsur  hasil karya Jalaluddin As Sayuthi, Tafsir Al Baghawy dan Tafsir Baqy ibn Makhlad, Tafsir Ibnu Katsir, An Nasikh wal Mansukh hasil karya Abu Ja’far An Nahhas, dan Asbabun Nuzul hasil karya Al Wahidy.  

  • Tafsir bi ar-Rayi

Tafsir bi ar-Rayi ini sendiri berkembang pada zaman Daulah Abbasiayah. Tafsir ini sendiri berkembang dan besar atas dasar  perkembangan ilmu pengetahuan yang ada pada zaman tersebut. Dengan adanya ilmu pengetahuan yang ada pada zaman tersebut, maka sistem penafsiran Qur-an berkembang sesuai dengan zaman tersebut.

Ada beberapa tafsir yang terkenal dari Tafsir bi ar-Rayi, yaitu : Tafsir Al Baidhawi, Tafsir Al Fakhrur Razy, Tafsir Al Jalalain – karya Jalaluddin Muhammad Al Mahally kemudian disempurnakan oleh Jalaluddin Abdur Rahman As Sayuthi, Tafsir Abu Suud, Tafsir Al Khatib, Tafsir Al Khazin dan Tafsir An Nasafy.

  • Tafsir Israyi

Tafsir Israyi ini sendiri dilakukan oleh para kaum sufi. Setiap ayat yang ada di dalam Quran ini tidak hanya mempunyai mahkna zahir tetapi ada juga makna batin. Yang dimkasud dengan makna zahir sendiri adalah makna yang mudah dipahami oleh akal, sedangkan makna batin sendiri adalah adanya makna-makna tertentu yang hanya dimengerti oleh ahlinya. Jadi tafsir yang diguankan dalam Tafsir Israyi ini tidak hanya mutlak sebuah arti saja, tetapi diselipkan beberapa makna tertentu yang lebih mudah orang pahami. Adapun beberapa Tafsir Israyi yang paling terkenal adalah : Tafsir Al Alusy, Tafsir An Naisabury, Tafsir Ibnu Araby dan Tafsir At Tastary.

Dengan adanya ilmu Tafsir Qur’an sepert ini, ini, tentunya membuat orang-orang menjadi lebih terbantu dalam memahami Qur’an itu sendiri.

Tafsir Alquran Yang Mudah Dimengerti