4 Manfaat Membaca Al-Qur’an Untuk Anda

Mana Yang Benar Membaca Al Quran Dari Kanan Ke Kiri Manfaat Baca Kanan Ke Kiri

Manfaat membaca Al-Qur’an ini memang sangat banyak. Al-Qur’an diturunkan bukan hanya untuk sekedar dibaca, tetapi unuk dipahami, dilakukan dan menjadi pedoman hidup untuk seluruh manusia yang notabene seorang khalifah di muka bumi. Namun tidak banyak umat muslim yang paham akan hal-hal seprti ini. Kebanyakan dari mereka cenderung membaca, tanpa mengenal lebih dalam dan manfaat dari membaca Al-Qur’an tersebut. Berikut ini akan dibahas tentang manfaat membaca Al-Qur’an itu sendiri :

  • Melatih otak kanan dan kiri

Yang tidak banyak orang ketahui adalah bahasa Arab dapat melatih otak kanan dan otak kiri. Hal seperti ini biasanya Anda dapatkan ketika berlatih beberapa alat musik tertentu, seperti piano, harpa, biola dan yang terakhir adalah kecapi. Orang tentu mengetahui bahwa bahasa Arab dan bacaan yang ada di Qur’an itu dari kanan ke kiri, dan hal itu sama persis seperti Anda melakukan tawaf. Dimana kondisi itu membuat pergerakan seluruh tubuh menjadi lebih baik, sebagai mana Sunatullohnya. Berbanding terbalik ketika Anda membaca bahasa latin yang bergerak dari kiri ke kanan. Kondisi ini, tidak akan melatih otak kanan atau kiri.

Semakin sering Anda membaca Al-Qur’an dengan baik, maka fungsi otak kanan dan kiri akan semakin terlatih. Anda akan terbebas dari kepikunan, tidak dapat mengatasi masalah, dan berbagai macam hal lainnya yang berhubungan dengan baik. Ini karena otak kanan dan kiri mempunyai peran yang seimbang dan dapat bekerja sama dengan baik.

  • Mendapatkan ketenangan hati

Dengan membaca sepenuh hati, maka Anda akan mendapatkan ketenangan hati, hal ini, seperti yang Anda temukan di Surat Ar-Rad di ayat 28. Semakin Anda mengingat Alloh dengan baik, tentunya Anda ingat, bahwa sesuatunya ada yang mengatur. Anda sebagai manusia hanya dapat berbuat secara maksimal, tanpa mengaharapkan pamrih. Jika Anda dapat menjalankan hal seperti ini, tentunya ketenangan hati akan Anda dapatkan.

  • Mendapatkan berbagai macam ilmu

Banyak orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi hanya sedikit orang yang benar-benar memahami dan berpikir apa makna di balik ayat-ayat Al-Qur’an. Alloh telah memberikan Al-Qur’an ini sebagai tuntunan hidup, jadi jika Anda pahan. Tentunya dalam kitab ini, ada banyak sekali pembelajaran yang akan didapatkan, seperti ilmu pengetahuan, ilmu memasak, ilmu pemerintahan, ilmu kedokteran, dan berbagai macam ilmu bermanfaat lainnya.

  • Dapat menjadi manusia yang berguna

Dengan mengerti berbagai macam makna yang ada di dalam Al-Qur’an, maka Anda dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan secara nyata. Ada beberapa contoh ayat yang dapat Anda pelajari secara nyata, seperti Surat Al-Waqiah ayat 68, yang mengatakan agar Anda meneliti tentang air, surat Al-Anbiya ayat 30 yang membahas tentang peristiwa Big-bang, dll.

Jika Anda pandai dalam mengalisa dan menggali informasi di balik seluruh ayat, tentunya Anda akan menjadi orang cerdas dan berguna untuk umat.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat membaca Al-Qur’an, semoga Anda mendapatkan manfaat-manfaat tersebut dari membaca Al-Qur’an.