Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an Untuk Pemula

Cara Menghafal Alquran Untuk Orang Yg Punya Audio Kinestetik Audio Mp3 Menghafal Alquran Mp3 Alquran Untuk Pemula

Banyak sekali orang yang kesulitan untuk dapat menghafal Al-Qur’an, hal seperti ini dikarenakan banyak hal, seperti tidak adanya niat untuk dapat menghafal Al-Quran, tidak menggunakan waktu yang ada untuk dapat membaca-mengerti –menghafal Al-Quran dengan baik, dll. Sebetulnya ada cara mudah menghafal Al-Qur’an yang dapat Anda lakukan, seperti :

  • Mengenal teknik membaca yang maksimal

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai 3 macam cara untuk belajar tentang berbagai macam hal yaitu, audio, visual dan kinestetik. Sebelum Anda ingin menghafal Al-Qur’an, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu, tipe belajar seperti apakah Anda itu.

Audio

Audio adalah tipe belajar untuk orang-orang yang lebih senang mendengarkan. Khusus untuk Anda yang mempunyai kemampuan belajar seperti ini, maka teknik belajar yang paling efektif adalah, dengan mendengarkan murotal, atau mendengarkan seseorang yang membaca Al-Qur’an. Semakin sering Anda mendengarkan murotal ini, maka akan semakin cepat Anda dapat menghafal Al-Qur’an. Sebaiknya teknik seperti ini diimbangi dengan membaca Al-Qur’an  itu sendiri. Sehingga Anda tidak hanya hafal Al-Qur’an tetapi juga paham akan tulisan yang ada di dalam musaf tersebut.

Visual

Visual adalah tipe belajar untuk orang-orang yang lebih suka melihat. Khusus untuk Anda, yang mempunyai tipe seperti ini, maka yang harus Anda lakukan adalah membaca Al-Qur’an itu sendiri. Anda dapat membacanya satu persatu ayat, hingga 1 surat. Semakin sering Anda membaca, maka akan semain cepat Anda mengingat surat yang ada di dalam Al-Qur’an itu sendiri,

Kinestetik

Kinestetik adalah tipe belajar untuk orang-orang yang sulit untuk duduk diam, dan lebih senang bergerak. Khusus untuk Anda yang lebih senang bergerak seperti ini, ada beberapa cara yang daapt Anda lakukan guna menghafal Al-Qur’an, yaitu dengan menempelakan berbagai macam ayat hingga surat di berbagai macam ruangan, sehingga ketika Anda bergerak, dan melintasi ruangan tersebut, Anda akan ingat dan membaca surat tersebut. Semakin sering Anda melewati ruangan tersebut, maka akan semakin hafallah surat-surat yang ada di dalam Al-Qur’an tersebut. Teknik sepert ini sendiri sebaiknya diiringi dengan tulisan yang baik dan benar, sehingga Anda akan ingat dan benar-benar paham tidak hanya sebatas hafalan, melainkan juga tulisan yang ada.

  • Menghafal bacaan plus makna

Teknik menghafal berikutnya adalah dengan menghafal bacaan plus makna. Dengan mengerti makna yang ada di dalam surat atau ayat tersebut, tentunya mempermudah Anda dalam menghafal Al-Qur’an.  Menggunakan teknik seperti ini, membuat Anda dapat melakukan 2 hal dalam sekali dayung.

  • Menghafal dengan santai

Berikutnya adalah menghafal dengan santai. Jangan bebani pikiran dengan target-target tertentu, harena hal seperti ini hanya akan menjadi beban tersendiri jika tidak tercapai. Teruslah menghafal, dengan santai, bacaan baik, dan mengerti makna yang ada ada dalam surat atau ayat tersebt. Lambat laun, Anda akan hafal akan bacaan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah menghafal Al-Qur’an, semoga ulasan ini, berguna untuk Anda yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan baik.