Bagaimana Cara Belajar Mengaji Al-Quran Untuk Pemula

Download Aplikasi Untuk Belajar Mengaji Untuk Pemula Metode Belajar Ngaji Pemula Yg Di Donlod

Belajar mengaji Al-Quran adalah sebuah kewajiban yang mutlak untuk umat muslim. Al-Quran bukan hanya sebuah kitab yang tanpa makna, melainkan sebuah kitab yang penuh dengan makna, baik itu sebagai pelajaran untuk kehidupan seorang manusia, ilmu pengetahuan, dan berbagi macam hal lainnya. Bagi sebagian orang belajar mengaji Al-Qur’an dinilai sulit, karena bahasanya yang cukup rumit, hurufnya yang berbeda dengan huruf latin, dan berbagai macam hal lainnya.

Tetapi jika Anda para pemula ingin belajar mengaji Al-Qur’an, sebetulnya tidak sulit, terutama jika Anda mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Belajar mengenal huruf

Pertama-tama sebelum mengaji Al-Quran, sebaiknya Anda belajar mengenal huruf-huruf yang ada di Al-Qur’an itu sendiri. Ada sekitar 29 huruf yang ada di dalam Al-Quran, dan huruf-huruf tersebut disebut dengan huruf Hijaiyah.

Anda perlu mengenal setiap bentuk dan bagaimana cara melafalkan setiap huruf tersebut. Karena beda pelafalan, akan berakibat beda arti/makna pada saat aplikasi nanti.

  • Belajar mengenal tanda baca

Setelah memahami dan mengerti semua huruf yang digunakan, tahap berikutnya adalah mengenal tanda baca yang ada di dalam Al-Quran tersebut. Dalam Al-Qur-an ini sendiri ada beberapa tanda baca yang perlu diketahui bersama, seperti bagaimana membaca garis diagonal kecil di atas, garis diagonal kecil di bawah, dll.

Mengenal tanda-tanda baca seperti ini, teut saja penting, dengan demikian, Anda akan mengetahui bagaimana cara membaca setiap huruf atau kalimat yang ada dalam Al-Kitab ini.

  •  Belajar mengenal tajwid

Setelah mengenal seluruh tanda baca yang digunakan dalam Al-Qur’an, berikutnya Anda perlu belajar masalah tajwid. Tadwid ini sendiri digunakan untuk tata bahasa yang baik ketika membaca Al-Qur’an tersebut. Tajwid ini sendiri cukup beragam, ada yang disebut dengan Idgam, Idzhar, dll. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, hal seperti ini dinilai cukup sulit, namun dengan pembiasaan diri, lambat laun Anda dapat memahami dan membacanya dengan baik.

  • Belajar dengan cara mendengarkan

Berikutnya setelah semua pelajaran Anda mengerti dengan baik, tidak ada salahnya untuk belajar membaca dan mendengarkan orang ketika membaca Al-Qur’an. Hal seperti ini juga termasuk ke dalam teknik membaca yang baik, karena ketika Anda belajar mendengarkan, maka Anda akan belajar menganalisa bacaan, sebaiknya Anda juga sekalian membaca. Teknik seperti ini, tentunya termasuk cara yang cukup praktis, terutama untuk Anda yang termasuk tipe pembelajaran audio.

  • Latihan

Hal yang terakhir adalah latihan. Ini adalah sesi terakhir, untuk belajar mengaji Al-Quran. Semakin sering latihan, lambat laun Anda akan memahami dan dapat membaca dengan lancar.

Awalnya tidak perlu terlalu rumit, hanya membaca beberapa surat pendek. Jika sudah dapat membaca dengan baik, lanjut dengan membaca 2 surat pendek, hingga akhirnya dapat membaca keseluruhan Al-Qur’an.