Kiat Belajar Cepat Mengaji Alquran Untuk Pemula

Belajar Alquran Belajar Lagu Alquran Untuk Pemula Bacaan Untuk Anak Cepat Mengaji Download Nyanyian Anak Anak Balita Huruf Hijaiyah Juz Amma Full Mulai Baca Alqura Dari Surat Albaqoroh Bagi Pemula

Belajar Mengaji Alquran

Kiat cepat mengaji Alquran sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Saat pertama kali ingin belajar mengaji, mungkin Anda merasa Alquran sulit dipelajari lantaran berbahasa Arab. Namun, apakah memang demikian? Apakah belajar Alquran memang sulit?

Bila belajar mengaji itu sulit, mana mungkin anak-anak usia balita bisa pintar mengaji. Sekarang ini sudah terbukti banyak anak-anak balita yang lancar mengaji, bahkan hafal Alquran. Allah SWT sendiri yang menjamin seperti yang tercantum di dalam surat Al-Qamar ayat 17 yang artinya sebagai berikut:

 “dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

Adapun berikut beberapa kiat cepat untuk bisa mengaji Alquran bagi pemula:

  • Luangkan Waktu

Luangkan waktu untuk belajar membaca Alquran. Jangan menunggu waktu luang, namun Anda mesti dengan sadar menyediakan waktu. Karena seringkali bila menunggu waktu luang malah tidak jadi belajar.

  • Mencari Guru

Cari guru yang sekiranya dapat membantu Anda belajar mengaji. Sehingga Anda tidak hanya bisa membaca Alquran tetapi bisa membaca secara benar. Hal ini mengingat ada hukum-hukum bacaan yang perlu diperhatikan.

  • Mampu Membaca Huruf Hijaiyyah

Satu rahasia agar bisa mengaji Alquran yaitu mampu membaca huruf hijaiyyah. Jadi sebaiknya Anda mengenal dan menghafal semua huruf hijaiyyah. Seperti halnya alfabet, huruf hijaiyyah adalah modal utama agar bisa membaca Alquran.

  • Memahami Tanda Baca

Setelah mengenal semua huruf hijaiyyah dan bisa membaca secara fasih lanjutkan dengan memahami tanda baca. Mulai dari fathah, kasrah, sukun, dhomah, dan tanwin. Pahami pula isyarat tanda baca seperti Mad Wajib Muttasil, Mad Arid Lissukun, dan lainnya.

  • Memahami Teknik Membaca Alquran

Kiat selanjutnya yang tidak boleh dilupa adalah memahami teknik membaca ayat suci Alquran. Sebagai contoh Qalqolah, Idgham, dan masih banyak lagi. Hukum mempelajari tajwid yaitu fardu kifayah yang artinya kewajiban yang dapat digugurkan bila ada orang lain yang bisa melakukannya. Namun, hukum membaca kitab suci Alquran dengan menggunakan aturan tajwid adalah fardu’ain yang berarti wajib untuk semua orang.

  • Praktikkan

Kiat terakhir yang perlu dilakukan yaitu praktikkan. Berlatih tanpa praktik tentu kurang hasilnya. Seseorang sekiranya pun tidak bisa baca Alquran secara fasih bila tidak pernah mencoba untuk mempraktikkannya. Baca Alquran secara rutin. Misalnya sesaat sebelum waktu sholat subuh, selesai sholat subuh, atau sesudah sholat magrib. Waktu-waktu tersebut termasuk waktu yang utama untuk membaca dan mempelajari surat cinta dari Allah SWT, Alquran. Sebaiknya jangan pernah berhenti mengkaji Alquran. Pasalnya semua ilmu pengetahuan, sumber pembelajaran, dan cerita umat terdahulu ada di dalam Alquran. Bila dikaji baik-baik isi Alquran bisa menjadi petunjuk hidup. Itulah penting mengaji Alquran.