Metode Cepat Menjadi Hafidz Qur’an

Metode Hafidz Quran

Banyak metode untuk bisa melakukan hafidz Qur’an, dari setiap ustad atau para ahli penghafal Al-Qur’an mereka pastinya memiliki cara yang berbeda namun dengan target yang sama yaitu mampu menghafal dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut informasi untuk Anda tentang metode cepat agar bisa mengahafal Al-Qur’an dari hasil survey beberapa ustad yang ada di Indonesia.

Sebaiknya satu mushaf yang tidak pernah diganti ketika proses hafalan

Dalam metodologi hafalan sebuah surat ataupun ayat, hal yang utama adalah memiliki satu mushaf yang tidak diganti dengan mushaf yang lain ketika masa proses penghafalan Al-Quran. Karena jika Anda mengganti mushaf tersebut, biasanya struktur dari halaman serta jumlah ayat dari setiap halaman tentunya berbeda-beda, hal tersebut akan menganggu proses penghafalan ayat Al-Quran yang sedang Anda lakukan. Karena secara psikologi, memory otak sedang berusaha fokus merekam apa yang telah Anda baca dari mushaf yang biasa Anda gunakan, ketika ada perubahan mushaf, biasanya akan sedikit teraganggu mekanisme pengahafalannya, hal tersebut berdasarkan pengalaman mereka ketika melakukan proses hafidz Qur’an.

Satu ayat yang dibaca berulang-ulang

Luangkan waktu untuk membaca satu ayat yang kemudian dibaca berulang-ulang hingga masuk ke dalam memori otak Anda. Biasanya para ustad menyarankan membacanya sekitar 20kali dalam sehari, kemudian dipergunakan ketika kita melaksanakan sholat, baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah seperti Dhuha, Tahajud, Istiqhoroh, dan lain sebagainya. Dengan melakukan bacaan berulang-ulang dan mempraktekkan dalam keseharian membantu menjadikan pemahaman dari satu ayat yang dihafal lebih kuat dan tidak mudah lupa.

Mencari strategi dengan memenggal kalimat Al-Qur’an yang panjang

Setiap ayat Al-Qur’an tentunya memiliki kalimat yang tidak sama, ada yang pendek ada pula yang panjang. Oleh karena itu, untuk mempermudah kalimat Al-Qur’an yang panjang, sebaiknya melakukan strategi dengan memenggal ayat tersebut menjadi bagian per bagian kemudian di baca berulang-ulang sehingga dari ayat per ayat menjadi lebih mudah untuk dipahami dan diingat oleh Anda. Kemudian setelah tersambung satu kalimat penuh, cobalah dipraktekkan ke dalam sholat yang biasa Anda lakukan. Dengan demikian hafalan tersebut akan menjadi lebih kuat di memori otak Anda, sehingga sulit untuk melupakannya kembali.

Memahami setiap ayat

Metode yang paling lama prosesnya tetapi mampu mengingatnya lebih lama dibandingkan metode hafalan pada umumnya. Hal ini bisa Anda coba dan lakukan dengan cara memahami setiap ayat yang dimaksud, sehingga hafalan Anda bukan sekedar mengingat tetapi mengerti maksud dari ayat tersebut. Apalagi jika sudah mengerti kemudian di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat bukan hanya untuk kehidupan dunia tetapi sekaligus kehidupan di akhirat kelak.

Demikian ulasan yang bisa Anda dapatkan dari metode cepat untuk bisa hafidz Qur’an, semoga bermanfaat.