Belajar Ilmu Tajwid Al Quran

Download Lagu Tajwid Download Video Belajar Tajwid Download Video Belajar Tajwid Al Quran Waptrik Download Video Belajar Tazwid

Membaca Al Quran pada dasarnya wajib hukumnya, oleh karena itulah mempelajari Al Quran menjadi salah satu hal yang sangat penting, dan sebagai pemula, di dalam belajar membaca Al Quran tentu saja harus memperhatikan tajwid pada setiap bacaannya. Hukum dalam membaca tajwid dan juga contohnya tentu saja tidak sama dengan membaca Koran, kita juga diwajibkan untuk mengenal dan memahami setiap tanda baca atau tajwid Al Quran. Pada dasarnya kegunaan dari tajwid ini untuk mengetahui panjang pendeknya dalam melafazkan dan juga hukum di dalam membaca Al Quran. Pengertian dari tajwid sendiri adalah melakukan sesuatu dengan indah dan juga baik, sedangkan ilmu tajwid sendiri adalah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya untuk melafazkan ataupun mengucapkan setiap huruf yang terdapat pada Al Quran ataupun hadist lainnya.

Tujuan Mempelajari Tajwid

Mempelajari tajwid Al Quran juga memiliki tujuan dan juga keutamaan, adapun tujuannya adalah agar nantinya bisa membaca ayat Al Quran secara benar dan sesuai dengan yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan juga bisa memelihara lisannya dan kesalahan di dalam membaca Al Quran.

Hukum Tajwid Al Quran

Selain itu tajwid juga memiliki beberapa hukum yang harus diperhatikan, dan berikut ini adalah hukum bacaan dari tajwid Al Quran yang perlu Anda ketahui, yang pertama adalah hukum bacaan tajwid nun mati ataupun tanwin.

Izhar halqi, jika izhar halqi yang mana bertemu dengan salah satu huruf izhar, dan di dalam mengucapkannya juga harus jelas. Dan jika nun mati ataupun tanwin betemu dengan huruf halqi, tentu saja harus dibaca secara jelas. Misalnya saja alif ataupun hamzah, kemudian ha, kha, ain, ghain dan juga ha.

Kemudian idgham bighunnah yang mana memiliki arti dilebur dan disertai dengan dengung seperti memasukan ataupun meleburkan salah satu huruf nun mati ataupun tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf di antara nun, mim, wawu dan juga ya.

Lalu idgham bilaghunnah yang berarti dilebur namun tanpa berdengung yaitu dengan memasukan ataupun meleburkan huruf nun mati atau tanwin ke dalam huruf namun setelahnya tanpa disertai dengan dengung jika memang bertemu dengan huruf lam ataupun ra.

Lalu ada iqlab yang mana jika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ . Selain itu ada ikhfa haqiqi yang mana jika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ta, tha, jim, dal, dzal, zai, sin, syin, sod, dhod, fa, qof dan juga kaf maka akan dibaca samar – samar.

Kemudian ada juga hukum min mati yang mencakup ikhfa syafawi, idgham mimi dan izhar syafawi.

Lalu hukum mim dan nun tasydid, hukum alif lam ma’rifah, hukum idgham, hukum mad, hukum ra’ dan juga qalqalah.