Cara Belajar Baca Alquran

Download Huruf Hijaiyah Dan Cara Bacanya Download Lagu Bacaan Huruf Hijaiyah Fasih.mp3

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat islam yang harus dipelajari dan juga dipahami, dan di dalam mempelajari setiap huruf dalam Al Quran sendiri pada dasarnya tidaklah sulit hanya perlu terus membaca saja. Dan untuk yang belum bisa membaca huruf dalam Al Quran maka memang cukup sulit untuk diingat. Tidak hanya anak – anak ataupun remaja saja yang bisa belajar membaca Al Quran, namun orang tuapun juga bisa mempelajarinya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara belajar baca Alquran agar nantinya dapat membaca secara lancar dan bisa mengamalkannya. Di dalam mempelajari Al Quran sendiri terdapat beberapa dasar yang perlu dilakukan. Dan berikut ini adalah beberapa cara dalam mempelajari membaca Alquran yang bisa Anda perhatikan:

Mengenali Huruf Hijaiyah

Yang pertama adalah pengenalan huruf hijaiyah, huruf hijaiyah sendiri merupakan huruf Arab yang mana digunakan di dalam Al Quran, jumlahnya sendiri adalah 29 huruf. Semua huruf tersebut wajib untuk dihafal jika memang ingin bisa membaca Alquran. Ada yang pengucapannya sama dengan huruf latin dan ada juga yang berbeda, contohnya saja seperti tsa, kha, dzal dan yang lainnya. Selain itu mengenal beberapa bentuk huruf hijaiyah satu persatu juga sangat perlu diketahui bagaimana huruf tersebut jika nantinya disambungkan dengan huruf yang lainnya, apakah bisa disambungkan ataupun tidak. Selain itu di dalam belajar pengucapannya, Anda juga perlu mengetahui makhrajnya, makhraj sendiri adalah tempat keluarnya huruf.

Mengenali Tanda Baca

Kemudian cara belajar baca Alquran yang kedua adalah mengenali tanda baca, yang mana sering kali disebut dengan harakat. Dulu memang tidak ada tanda bacanya tetapi untuk pemula tentu saja bingung jika tidak memakai harakat. Mungkin untuk orang yang fasih membaca Al Quran atau orang asli Arab, maka tidak akan menjadi masalah.

Mengenali Tajwid

Lalu yang ketiga adalah tajwid, selain perlu memperhatikan tanda baca, Anda juga perlu mempelajari tajwidnya. Tajwid sendiri merupakan ilmu membaca Alquran secara baik dan juga benar karena tajwid sendiri memiliki hukum – hukumnya. Jika di dalam bahasa inggris, tajwid sama dengan grammar sehingga sangat perlu untuk diperhatikan agar pengucapannya tepat.

Rajin Latihan

Selain itu latihan menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting dalam belajar baca Alquran, jika memang Anda ingin lebih lancar di dalam membaca Alquran, maka sebaiknya selalu latihan membaca setiap hari. Anda perlu berlatih setiap hari sampai nantinya lancar dalam melafadzkannya. Jika nantinya Anda sudah lancar dalam membaca Alquran, maka nantinya akan lebih mudah dalam menghafalkannya. Dan akan jauh lebih baik lagi jika Anda sudah lancar dalam membaca Alquran, dan mencoba untuk menghafalkannya, Anda bisa mempelajari terjemahannya. Dengan demikian tentu saja nantinya akan lebih maksimal dalam mempelajari Alquran.