Tips Mendapatkan Pengajian Al-Qur’an Yang Istiqomah dan Menyenangkan

Pengajian Al-Qur’an adalah sebuah kegiatan untuk mengkaji isi dari apa yang tersirat di dalam kitab suci Al-Qur’an. Dengan pengkajian ini, diharapkan umat muslim yang telah memahami Al-Qur’an bisa mengaplikasikan ke dalam hidupnya, sesuai tujuan dari kitab suci Al-Qur’an itu sendiri yaitu sebagai pedoman kehidupan. Berikut ini beberapa tips menarik untuk Anda agar bisa mendapatkan pengajian yang istiqomah dan menyenangkan.

Pengajian yang dibarengi dengan ahlinya

Pengajian dengan ahlinya menjadi patokan pertama yang mesti kita pahami, karena dengan pengkajian Al-Qur’an tanpa adanya penjelasan dari ahlinya, bisa mengakibatkan diri kita yang sedang dalam tahapan belajar menjadi salah tafsir. Oleh karena itu, langkah pertama adalah mendapatkan guru pendamping yang ahli dala hal membaca Al-Qur’an dan memahami maksud Al-Qur’an itu sendiri.

Pengajian yang dibarengi dengan tadabur alam

Pengajian yang dilakukan sekaligus bisa bermuhasabah diri ataupun tadabur alam. Contohnya adalah setiap pengajian dilaksanakan di sebuah alam yang lepas, lingkungan yang nyaman, aman, yang bisa sekaligus menikmati alam ciptaan Allah. Pengajian tidak selamanya harus di Mesjid, karena dengan adanya rasa menikmati lingkungan luar, sekaligus bisa mendalami rassa syukur yang telah Allah buat untuk manusia. Asalkan tempat yang akan Anda pilih bukanlah tempat yang ramai banyak orang, tetapi yang nyaman, asri, dan bisa dibarengi dengan instropeksi diri akan kesadaran kuasa Allah yang luar biasa.

Pengajian yang dibarengi dengan aplikasi bersama

Pengajian yang dibarengi dengan aplikasi bersama, hal ini justru menjadi acuan semangat dan pengalaman bersama untuk semua yang mengikuti pengajian Al-Qur’an tersebut. Banyak para pengikut pengajian hanya terbiasa mendengarkan sebuah kajian tanpa mengerti aplikasi sebenarnya ketika bersosialisasi ataupun berada di kehidupan sebenarnya. Oleh karena itu, dengan adanya rujukan untuk aplikasi secara bersamaan, maka secara tidak langsung Anda akan memahami seperti apa tauladan Rosul kita nabi Muhammad SAW melakukan aplikasi kehidupannya sesuai Al-Qur’an tersebut.

Pengajian yang diniatkan untuk terus berkembang bersama umat muslim lainnya

Setelah kepada tips di atas, yang terakhir adalah tips untuk bisa semangat mengajak para sahabatnya untuk ikut bergabung mengikuti pengajian menarik tersebut. Karena dengan semakin banyaknya orang dalam pengajian Al-Qur’an ini, semakin banyak keberkahan yang melimpah untuk Anda semua. Semakin bisa mengenal karakteristik orang-orang yang ada di lingkungannya. Sehingga semakin belajar bagaimana sikap kita dalam bersosialisasi sesuai ajaran nabi Muhammad SAW. Karena pada dasarnya kita melakukan pengajian Al-Qur’an adalah agar bisa teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan secara tidak langsung memberikan keselamatan kepada lingkungan sebagai muslim yang pintar, cerdas, tangguh, baik, ramah, dan dermawan.

Demikian ulasan menarik di atas mengenai tips dalam hal mendapatkan pengajian Al-Qur’an yang istiqomah dan menyenangkan, semoga uraian tersebut dapat bermanfaat.