Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat

Download Cara Menghafal Quran Download Video Cara Menghafal Al Quran Vid Cepat Hapal Al Quran Dounlowd

Cara menghafal Alquran dengan cepat memang bukanlah hal mustahil bila mengetahui trik-triknya. Al Quran sendiri adalah kitab suci umat muslim yang berisikan Firman Allah mengenai ketentuan yang harus dijalankan serta hukum yang harusditaati umat muslim selama hidup di dunia. Menghafalkan Al Quran juga termasuk salah satu ibadah yang dianjurkan bahkan salah satu prioritas bagi seorang muslim. Menghafalkan Al Quran memang hal utama yang harus dilakukan pertama kali sebelum mempelajari hadits maupun fiqih. Hal tersebut dikarenakan jika muslim yang belum menyelesaikan Al Quran melanjutkan pada hadits maupun fiqih maka sebagian bahkan bisa seluruh hafalan yang dimiliki menghilang. Karenanya, sebelum memperbanyak ilmu Islam yang dimiliki dengan mempelajari hadits maupun fiqih perlu terlebih dahulu menghafal Al Quran. Menghafalkan Al Quran memang bukanlah perkara mudah apalagi bagi orang muslim yang tidak mengerti bahasa Arab. Selain itu, Juz yang ada di dalam Al Quran juga tidaklah sedikit yakni tiga puluh Juz. Maka dari itu, membutuhkan tips dan trik tertentu untuk bisa menghafal Al Quran dengan cepat. Berikut ini tips cara menghafal Alquran dengan cepat:

Niat Dengan Ikhlas

Cara menghafal Alquran yang pertama dan penting untuk dilakukan adalah berniat dengan ikhlas karena Allah SwT. Jika memiliki niat dengan iklhas tanpa mengharapkan imbalan tertentu maka nantinya juga akan bersemangat menghafalkan Al Quran tanpa henti hingga bisa menghafalkan seluruh isi Al Quran. Orang yang memiliki semangat untuk mencapai tujuan tertentu pastinya akan bekerja keras dan memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk bisa menghafalkan Al Quran. Berbeda dengan orang muslim yang memang tidak memiliki niat ikhlas dan menghafal Al Quran hanya untuk mencapai tujuan tertentu tetunya akan sulit menghafal Al Quran apalagi orang yang berusaha menghafal Al Quran biasanya akan merasa bosan terutama bagi yang baru pertama kali menghafalkan Al Quran. Karena itu, sebelum memulai menghafal Al Quran hal pertama yang perlu dilakukan adalah berniat dengan ikhlas karena Allah SwT.

Memperbaiki Bacaan Al Quran

Sebelum bisa menghafalkan Al Quran harus terlebih dahulu bisa membaca kitab suci ini dengan benar sebab bila bacaan salah nanti apa yang dihafalkan juga tidak benar. Bila salah dalam membaca Al Quran makna dari ayat-ayat yang ada di dalam Al Quran juga bisa berbeda. Makanya, sebelum menghafal Al Quran harus terlebih dahulu membaca Al Quran dengan benar. Sebaiknya baca Al Quran dari ayat per ayat hingga bacaan memang betul sesuai dengan ketentuan dan hukumnya. Jangan menghafalkan ayat ataupun surat yang belum bisa dibaca dengan benar.

Gunakan Metode Yang Tepat

Seperti halnya belajar untuk menghafalkan ilmu pengetahuan lainnya, menghafalkan Al Quran juga membutuhkan metode tertentu karena metode mempengaruhi cara belajar menghafal seseorang. Metode cara menghafal Alquransatu orang dengan orang yang lainnya berbeda sesuai dengan gaya atau teknik belajar orang yang bersangkutan. Karena itu, pilih metode yang tepat sesuai dengan teknik dan gaya belajar yang paling efektif bagi orang yang bersangkutan. Metode untuk menghafal Al Quran sendiri yang bisa dipertimbangkan adalah dengan meghafalkan per ayat atau langsung satu halaman. Menghafalkan per ayat dapat dilakukan dengan membaca ayat yang bersangkutan terus menerus hingga bisa membaca dengan lancar lalu menghafalkannya. Untuk cara menghafalkan setiap satu halaman dengan membaca seluruh ayat pada satu halaman hingga bisa membaca dengan lancar dengan diulang bekali- kali kemudian menghafalkan ayat-ayat tersebut.

Beberapa tips di atas adalah cara menghafal Alquran dengan cepat bagi orang muslim yang ingin hafal Al Quran. Menghafalkan Al Quran dengan cepat memang tidak mudah namun bukanlah hal mustahil bila terus dilakukan hingga bisa menghafal seluruh ayat di dalam Al Quran. Selain itu, sebaiknya tetapkan juga target setiap harinya agar tidak terputus maupun lupa hafalannya sehingga tidak harus mengulang dari awal lagi. Bagi yang ingin dapat menghafalkan seluruh isi Al Quran dengan baik dan cepat bisa mempertimbangkan menerapkan tips cara menghafal Alquran.