Ketahui Keutamaan Mempelajari Al-Quran Demi Hidup Lebih Baik

Masih mempertanyakan keutamaan membaca dan mempelajari Al-Quran untuk kehidupan sehari-hari? Terkadang banyak orang yang merasa malas untuk mempelajari atau bahkan sebatas membaca Al-Quran karena tidak mengetahui benar apa keuntungan yang akan didapatkannya. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari banyak keutamaan Al-Quran yang dapat dirasakan. Mulai dari rahmat hingga kemuliaan bagi siapa pun yang bersedia membaca dan mempelajari lebih dalam kandungan di dalam Al-Quran.

Al-Quran Sumber Rahmat dan Ketentraman

Rahmat serta ketentraman yang mungkin tidak disadari secara langsung dalam kehidupan akan lebih mudah didapatkan saat seseorang terbiasa berkumpul bersama untuk membaca Al-Quran. Bahkan, rahmat dan ketentraman tersebut akan menjadi jauh lebih besar ketika bukan hanya membacanya namun sekaligus juga mempelajarinya.

Al-Quran Memiliki Kemuliaan Paling Tinggi

Karena Al-Quran memiliki kemuliaan yang tinggi, maka tidak pantas bagi seseorang yang telah susah payah menghafalkan dan mempelajarinya mengatakan lupa dengan ayat-ayat tertentu. Akan tetapi lebih baik jika mengatakan bahwa ayat tersebut terlupakan. Syaikh Ibnu ‘Utsaimin pernah berkata bahwa karena ucapan lupa terkesan adanya sikap yang tidak peduli dengan ayat-ayat Al-Quran yang sudah dihafalkannya sehingga ia melupakannya.

Satu Huruf Memberikan 10 Kebaikan

Dengan membaca satu huruf Al-Quran, maka seseorang dapat memperoleh sepuluh kebaikan. Padahal, ayat huruf-huruf dalam Al-Quran dapat dilihat jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu, dapat dilihat sendiri berapa kebaikan yang akan didapatkan setelah membaca, mempelajari dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Al-Quran Adalah Tali Allah

Percayakah Anda jika Al-Quran menjadi tali penghubung antara manusia dengan Allah? Maksudnya tali di sini yakni dapat mendekatkan manusia dengan Allah melalui berbagai kebaikan yang tertulis di dalamnya. Terutama ketika sudah mempelajari makna-makna yang terkandung di dalamnya. Kitab suci Al-Quran sendiri juga tanda cinta dari hamba kepada Allah.

Al-Quran Meninggikan Derajat

Seseorang yang membaca dan mempelajari Al-Quran telah dijanjikan akan ditinggikan derajatnya, di dunia maupun di akhirat. Allah meninggikan suatu kaum, termasuk merendahkannya pula dengan Al-Quran. Tinggi atau rendahnya suatu kaum dapat dilihat melalui kebiasaannya membaca Al-Quran.

Membaca dan Mempelajari Al-Quran Sama Halnya Bersedekah

Seseorang yang membaca Al-Quran secara terang-terangan dapat dikatakan bahwa tindakannya itu ibarat bersedekah secara terang-terangan. Maka dari itu, seseorang yang khawatir riya’ akan lebih utama untuk membacanya secara sembunyi-sembunyi. Sedangkan jika tidak merasa khawatir akan membacanya terang-terangan.

Pembaca dan penghafal Al-Quran Dimuliakan Islam

Siapa pun yang menjadi penghafal Al-Quran akan senantiasa dimuliakan oleh Islam. Para penghafal Al-Quran adalah seseorang yang berhak diangkat menjadi seorang imam. Penghafal Al-Quran juga akan lebih didahulukan untuk masuk ke liang lahad ketika banyak orang yang meninggal. Termasuk mendapatkan penghormatan di mata masyarakat dan diangkat menjadi pimpinan safar.