Al Quran Digital, Media Praktis untuk Mempelajari Ayat-ayat Suci Alquran

Alquran Mp3 Pdf

Di tengah perkembangan teknologi, Al Quran digital jadi software andalan yang bisa Anda gunakan untuk memahami kandungan kitab tersebut. Format digital menawarkan beragam kemudahan seperti praktis dibawa dan diakses tanpa batasan tempat dan waktu. Selain itu, Anda juga dapat mengunduhnya secara gratis di beberapa website dan tidak perlu mencemaskan tempat untuk menaruh Alquran tersebut, sebab akan tersimpan secara otomatis di memori gawai.

Berikut ini ada beberapa Alquran digital yang dapat Anda pilih

  • Alquran Digital dalam Format PDF

Sebelum aplikasi untuk ponsel pintar menjamur seperti sekarang, e-book menjadi format digital favorit yang paling banyak dicari orang. Tak terkecuali Alquran yang dikemas dalam bentuk PDF. Sekarang ini sudah banyak Alquran versi e-book dengan ekstensi .pdf yang dapat Anda unduh di internet. Namun sebelum mengunduhnya, pastikan sumber dari konten di dalamnya tepercaya.

Salah dua Alquran dalam format e-book yang dijadikan rujukan adalah kompilasi dari Nuf’an Akhun. Isi dari buku digital tersebut merupakan Alquran terjemahan yang diterbitkan CV Toha Putra dari Semarang pada tahun 1989. Jika Anda membutuhkan e-book yang sumbernya berasal dari Arab Saudi, ada e-book terbitan King Fahd Complex for Printing. Bahkan e-book ini mempunyai Pendahuluan sebelum Anda masuk untuk mempelajari ayat-ayat dalam Al Quran digital tersebut.

Screenshot_19

Untuk mendownloadnya, ikuti link download berikut ini → al-quran-pdf-terjemah-nafan-akhun.pdf

Qur'an Malik Fahd

Untuk mendownloadnya, silakan melalui link berikut ini → id_translation_of_the_meaning_of_the_holy_quran_in_indonesian.pdf

  • Alquran Digital dalam Format CHM

Jika Anda membutuhkan Alquran digital yang dapat diakses pada laptop maupun ponsel pintar, maka format CHM adalah yang paling tepat. Anda mungkin kurang familier dengan format ini, karena memang jarang dipakai meski sama-sama praktis seperti PDF. Maka sebelum mengundah e-book dalam format CHM, pastikan gawai yang Anda gunakan sudah mendukungnya. Salah satu Alquran digital format CHM yang dapat Anda dapatkan secara cuma-cuma adalah Al-Qur’an Digital versi 2.1.

Screenshot_23

Untuk mendapatkannya, langsung download dari link berikut ini → Al-Quran-Digital-2.1.chm

Jika file CHM yang telah Anda download tidak bisa dibuka, ikuti artikel Cara Mengatasi File CHM Tidak Bisa Dibuka

  • Alquran Digital untuk OS Windows

Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling sering diinstal masyarakat Indonesia dalam PC atau laptopmereka. Untuk memenuhi kebutuhan mereka yang lebih senang mengakses via desktop, sudah tersedia Alquran digital dalam bentuk software. Antara lain Qur’an Viewer yang mempermudah Anda dalam mempelajari ayat-ayat suci dalam tampilan yang lebih jelas. Jika Anda mendapat peringatan eror saat melakukan instalasi, cukup klik Ignoreuntuk melanjutkan.

Screenshot_22

Download file instalasinya di sini → quran-viewer-QViewer2.exe

Setelah download, double click untuk melakukan instalasi. Jika terjadi error pada proses instalasi, klik saja “Ignore”
Screenshot_20

Selanjutnya, download file terjemahan Indonesia di sini → quran-viewer-Indonesian.zip

Setelah download, extract, lalu double click files *.dbt yang dihasilkan untuk menginstall terjemah Bahasa Indonesia.

Selanjutnya, jalankan software Qur’an Viewer yang telah terinstall, lalu di bagian kanan bawah program pilih terjemah Bahasa Indonesia

Screenshot_21

  • Alquran Digital untuk OS Android

Untuk pengguna ponsel berbasis Android, Google Play Store menyediakan Alquran digital dalam bentuk aplikasi yang beragam. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan fitur beragam yang memudahkan Anda untuk membaca maupun mempelajari kandungan Alquran. Beberapa aplikasi yang dapat diunduh adalah Al Qur’an bahasa Indonesia. iQur’an Lite, dan Ayat dari King Saud University.

Silakan pilih yang Anda rasa cocok, Anda dapat menyesuaikan Al Quran digital tersebut sesuai kebutuhan dan kapasitas memori ponsel.