Manfaat Membaca Al-Quran di Dalam Kehidupan

Al-Quran merupakan pedoman serta kitab suci umat muslim dimana didalamnya mengatur berbagai macam hubungan antara Sang Pencipta dengan makhluk-Nya diantaranya terdapat mengenai shalat, puasa, haji, dan masih banyak lagi. Al-Quran merupakan kitab suci atau Kallamullah terakhir yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Al-Quran juga sebagai penyempurna untuk kitab-kitab terdahulu yang telah Allah SWT turunkan kepada nabi dan rasul-Nya misalnya kitab Taurat, Injil, Zabur, dan yang lainnya. Beriman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun iman yang ke-3. Dengan membaca al quran ada banyak sekali manfaat serta keutamaan yang didapatkan, diantaranya sebagai berikut.

Akan menuntun kita ke jalan yang baik, benar, dan diberikan keselamatan

Dengan membaca al quran kita semua akan tertuntun ke jalan yang benar dan tentunya kita akan selalu diberikan keselamatan. Sesuai dengan firman Allah didalam QS. Al Isra ayat 9 dimana dalam ayat tersebut telah tertulis jelas bahwa dengan membaca al quran kita akan diberikan petunjuk atau jalan yang lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mu’min.

Dapat melembutkan hati seseorang

Membaca Al-Quran juga dapat menjadikan hati seseorang menjadi lembut dan ungkapan ini juga sesuai dengan perkataan Wuhaib rahimahullah.

Akan membuat hati menjadi tentram

Orang yang membaca al quran hatinya akan menjadi tentram terlebih lagi setelah melaksanakan shalat fardhu maupun shalat sunnah kemudian membaca Al-Quran. Selain menjadikan hati menjadi tentram, kita juga akan mendapatkan pahala. Dan keutamaan ini juga telah tertera didalam Al-Quran yang merupakan firman Allah SWT dalam QS. Ar-Ra’d ayat 28

Melimpahkan rahmat dan penawar bagi berbagai macam penyakit

Manfaat dan keutamaan yang satu ini juga tertulis jelas didalam Al-Quran diantaranya pada QS. Al-Isra ayat 82 dimana Al-Quran diturunkan sebagai penawar serta pemberi rahmat untuk orang-orang yang beriman. Al-Quran sebagai juga kitab yang berisikan mengenai pelajaran dari Allah SWT yang juga dapat dijadikan sebagai obat penyembuh jiwa serta sebagai pemberi petunjuk dan rahmat untuk mereka orang-orang beriman yang tertulis pada QS. Yunus ayat 57.

Selain kedua ayat tersebut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga mengatakan jika obat-obat yang dapat menyembuhkan penyakit ada 2 yaitu madu dan Al Quran sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam HR. Ibnu Majjah dan Ibnu Mas’ud.

Akan membawa syafa’at bagi kita di akhirat

Karena sesungguhnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam telah bersabda bahwasanya jika seseorang selama hidupnya selalu membaca al quran maka ketika kiamat nanti akan menjadi syafa’at untuk orang-orang yang membaca Al-Quran tersebut.

Itu dia beberapa manfaat dan keutamaan membaca al quran dan tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan menjadikan kehidupan Anda menjadi lebih baik lagi.