Cara Menghapal Al Quran Dengan Cepat Tidak Mudah Lupa

Cara Biar Cepat Menghafal Al Quran Cara Menghapal Ayat Ayat Ruqiyah Cara Mudah Menghafal Al Quran Menghapal Al Quran Dengan Mudah Dan Cepat

Tidak semua orang mampu mempraktikkan cara menghapal Al Quran dengan cepat. Meski Allah SWT sendiri telah menjamin kemudahan untuk menghafal Al Quran. Hal ini menjadikan seseorang yang mampu menghafal Al Quran sangat luar biasa dan mampu menginspirasi sekaligus memotivasi setiap orang untuk melakukan hal yang sama. Selain menghafal, mudah lupa menjadi tantangan yang harus dihadapi penghafal. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menghafal Al Quran sekaligus membuat Anda tidak mudah lupa dengan hafalan yang telah Anda lakukan:

Meluruskan niat mulai dengan doa

Menghafal Al Quran seharusnya bukanlah dalam rangka mendapatkan nama dari siapapun tidak lain karena Allah SWT. Sehingga selama menghafal Anda tidak akan merasa dibebani melainkan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Niat karena Allah SWT akan membuat hafalan juga lebih mudah dilakukan dan juga lebih mudah terjaga tidak hilang. Untuk membuat niat Anda lurus dan tidak teralihkan, memulai hafalan dengan berdoa kepada Allah SWT adalah keharusan.

Mulai dari sekarang

Pada dasarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghafal Al Quran dengan cepat. Anda akan menemui banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menghafal Al Quran dengan cepat saat mencarinya di mesin pencari online. Semakin banyak cara yang Anda ketahui, semakin bingung pula Anda dibuatnya. Cara paling tepat menghafal Al Quran adalah mulailah sekarang juga. Tidak perlu memikirkan waktu yang harus Anda habiskan, bahkan ketika Anda menghafal Al Quran cukup lama itu adalah kenikmatan tersendiri.

Baca berulang-ulang

Sebelum mulai menghafal Al Quran, mulailah dengan membacanya lebih dulu. Membaca Al Quran berkali-kali minimal 7 kali akan membuat Anda secara tidak langsung menghafalnya. Semakin sering Anda membacanya, secara otomatis Anda akan mengingat bacaan yang telah Anda ulang-ulang sebelumnya. Setelah Anda membacanya berulang-ulang, Anda akan dapat menghafal lebih mudah. Hal ini akan membuat waktu hafalan lebih pendek.

Menuliskannya dalam kertas

Kemampuan menghafal seseorang berbeda-beda. Tidak semua mampu menghafal Al Quran bahkan hanya satu ayat dalam waktu yang singkat. Jika Anda mengalami kesulitan menghafal ayat-ayat Al Quran jangan merasa cemas dan rendah diri. Anda dapat mencoba untuk menuliskan ayat-ayat Al Quran yang hendak Anda targetkan untuk hafal. Cobalah menuliskannya sembari mengingat hukum bacaannya. Tulis berulang-ulang sampai benar hingga Anda akan hafal karena kebiasaan.

Mengulang-ulang hafalan dengan muroja’ah

Menjaga hafalan tetap dalam ingatan tidaklah mudah. Namun sangat disayangkan jika Anda melupakan hafalan Al Quran karena banyaknya usaha dan waktu yang Anda butuhkan untuk mampu menghafalkannya. Untuk memastikan hafalan tidak hilang, pastikan mengulang-ulang hafalan dengan muroja’ah secara rutin. Hal ini akan membuat pelafalan Anda semakin baik sekaligus menjaga hafalan tidak mudah terlupakan.

Mencari guru hafalan Al Quran

Menghafal Al Quran tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain menghafalkannya, Anda juga harus melafalkannya dengan sempurna. Lebih dari itu hukum-hukum bacaan di dalam Al Quran sangat kompleks. Sebagai calon penghafal Al Quran, hukum-hukum bacaan ini wajib dipatuhi setiap kali membaca Al Quran. Sehingga keberadaan guru yang mendampingi Anda dalam cara menghapal Al Quran dengan cepat sangat diperlukan, untuk membuatnya lebih mudah dan tidak cepat hilang.