Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa Meminta Ilmu Yang Bermanfaat

Bismillahirohmanirohim. Alhamdulillah sekarang kita kembali lagi dalam artikel berikutnya tentang doa-doa dalam agama Islam yang diperlukan untuk setiap sisi kehidupan kita. Sebagai seorang muslim kita tentunya wajib untuk menuntut ilmu baik yang terkait pesan agama kita dalam urusan dunia kita, baik itu yang hukumnya fardhu kifayah maupun fardhu ain kita tuntut sebisa dan semampu kita. Karena ilmu itulah membuka kunci-kunci kebahagiaan di dunia, dan dengan ilmu juga kita membuka kunci kunci pintu kebahagiaan untuk akhirat kita. Tidak heran dalam sebuah Hadits yang Shahih nabi mengatakan bahwa menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim.

Yang perlu kita ketahui bahwa ilmu terbagi menjadi ilmu yang wajib diketahui oleh setiap kita yaitu ilmu yang sifatnya fardu Ain, dan ilmu yang sifatnya kifayah atau cukup dipelajari oleh beberapa orang muslim saja selama kebutuhannya terpenuhi. Di samping itu juga ada ilmu ilmu yang bermanfaat dan ilmu ilmu yang tidak bermanfaat. Ada yang memang ilmu tidak bermanfaat secara umum seperti ilmu sihir dan perdukunan, ada juga ilmu yang bermanfaat bagi seorang muslim dan belum tentu bermanfaat bagi Muslim lainnya misalkan ilmu tentang kalkulus (matematika) tingkat tinggi bagi seorang muslim yang berprofesi sebagai koki.

Karenanya kita perlu memilih ilmu mana yang harus kita pelajari dan ilmu mana Yang tidak perlu kita pelajari. Karena bisa jadi yang kita pelajari tidak bermanfaat bagi kita walaupun bisa saja bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana caranya agar kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan tidak menghabiskan waktu mempelajari ilmu yang tidak bermanfaat?

Dari segi usaha tentunya kita harus apakah ilmu yang akan kita pelajari ini sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak? Adapun dari segi panduan agama Islam, ada sebuah doa yang bisa kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diri-Nya berkenan untuk memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan menghindarkan diri kita dari ilmu ilmu yang tidak bermanfaat, doanya sebagai berikut:

Text Do’a Berlindung Dari Ilmu Yang Tidak Bermanfaat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta ilmu yang bermanfaat setiap selesai shalat subuh dengan berdoa kepada Allah Ta’ala,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah … aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thayyib, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah no. 925. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani.)

Demikian juga, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memohon perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

“Ya Allah … aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837. Hadits ini shahih.)

Ya, kedua do’a itu bisa anda gabungkan bila anda menginginkan ilmu yang bermanfaat.

Doa yang pertama doa memohon ilmu yang bermanfaat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dan juga dalam doa pertama tersebut kita memohon agar Allah memberikan kita rezeki yang baik atau Toyib, dan juga kita memohon kepada Allah agar menerima amal amal saleh kita. termasuk menuntut ilmu adalah amal sholeh, yang kita harapkan dengan memohon agar Allah menerimanya maka Allah pun menerimanya.

Adapun doa yang kedua, insya Allah bisa melengkapi doa yang pertama. Jika pada doa pertama kita memohon kepada Allah agar memberi kita ilmu yang bermanfaat, di doa kedua ini kita lengkapi kepada Allah Yang Maha memiliki ilmu, yang paling cerdas yang menguasai segalanya, tahu tentang segala hal baik dan buruknya, agar menghindarkan diri kita dari ilmu ilmu yang tidak bermanfaat. Apa ilmu yang tidak bermanfaat? Yakni ilmu yang membahayakan penggunanya atau bahkan tidak diperlukan oleh orang yang menuntutnya. Maka kita berlindung kepada Allah dari hal seperti ini.

Selanjutnya pada doa yang kedua kita pun sekaligus memohon kepada Allah perlindungan dari hati yang tidak pernah merasa sejuk atau takut kepada diri-Nya dan hari akhirat, serta kita memohon agar Allah melindungi kita dari jiwa yang tidak pernah merasa nyaman, cukup, dan puas atas segala nikmat yang diberikan. Dan kita memohon kepada Allah agar kita tidak menjadi orang yang doa-doanya tidak terkabul.

Maka kedua doa ini adalah kombinasi yang sangat baik, kita memohon ilmu yang bermanfaat sekaligus kita memohon agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat. Dan keduanya adalah doa yang Insyaallah Shahih menurut ilmu hadits, maka kita coba amalkan dan semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita, mengabulkan hajat kita dan melindungi kita dari apa-apa yang berbahaya bagi dunia dan akhirat kita.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Doa Ilmu Manfaat Doa Ilmu Bermanfaat Doa Ilmu Doa Diberikan Ilmu Yang Bermanfaat Doa Meminta Ilmu